Heboh Ibukota Bakal Pindah ke Kalimantan, Yuk Intip 5 Tempat Wisata Asyik yang Ada di Sana

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Presiden Joko Widodo kembali menegaskan bahwa ibukota Indonesia bakal pindah ke Pulau Kalimantan. Hal tersebut diungkapkan Jokowi saat sidang bersama DPD-DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat, 16 Agustus 2019.

“Pada kesempatan yang bersejarah ini. Dengan memohon ridha Allah SWT, dengan meminta izin dan dukungan dari Bapak Ibu anggota dewan yang terhormat, para sesepuh dan tokoh bangsa terutama dari seluruh rakyat Indonesia, dengan ini saya mohon izin untuk memindahkan ibu kota negara kita ke Pulau Kalimantan,” ujar Jokowi.

Meski begitu, belum disebutkan secara pasti kota mana yang bakal dipilih sebagai pengganti Jakarta. Kalau menurut kalian kota mana yang layak jadi ibukota baru Indonesia gaes?

Terlepas dari perdebatan kota mana yang cocok, Pulau Kalimantan sendiri begitu menarik untuk dieksplor terutama dari sisi wisata. Di sini banyak lho destinasi wisata menarik namun jarang diketahui orang dan belum terjamah.

Seperti beberapa destinasi wisata berikut ini yang mungkin bisa jadi referensi jalan-jalanmu nanti.

Taman Nasional Tanjung Puting

Taman Nasional Tanjung Puting

Kalau bicara soal wisata Kalimantan, maka Taman Nasional Tanjung Puting gak boleh terlewatkan. Berlokasi di Provinsi Kalimantan Tengah, taman nasional ini menjadi ikon cagar alam dan suaka margasatwa terkenal di Indonesia. Di sini kamu bisa menikmati hutan tropis yang masih terjaga kelestariannya. Ada pula orang utan dan satwa liar lainnya yang dijaga dengan baik di taman nasional ini.

Danau Tahai

Danau Tahai

Danau Tahai juga wajib masuk daftar wisatamu nih gaes. Berlokasi di Palangkaraya, Danau Tahai menawarkan keindahan yang belum terjamah. Di sini kamu bisa tracking mengelilingi kawaan Danau Tahai. Jika beruntung, kamu bisa menyaksikan langsung Uwak-Uwak yakni hewan khas sejenis kera yang hidup di sekitar kawasan tersebut.

Goa Haji Mangku atau Goa Biru

Goa Haji Mangku/Goa Biru

Goa satu ini dikenal karena punya keindahan yang luar biasa. Menawarkan pemandangan eksotis berupa air danau berwarna biru dengan alam sekitar yang masih terjaga keasriannya. Goa Haji Mangku berada di Pulau Maratua, Kalimantan Timur gaes.

Pulau Pasir Putih, Kepulauan Derawan

Pulai Pasir Putih, Kepulauan Derawan

Dijuluki ‘surga tersembunyi’ di Kalimantan Timur, pesonanya bakal memikat hati siapapun yang menyaksikan. Di Kepulauan Derawan, kamu bisa mengeksplor beberapa pulau kecil menggunakan kapal. Salah satu yang terkenal adalah Pulau Gusung yang identik dengan pasir putih bersihnya.

 

Danau Labuan Cermin, Biduk Biduk

Labuan Cermin

Terletak di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, Danau Labuan Cermin dikenal sangat indah. Dikelilingi pepohonan rimbun dan alam yang asri, permukaan danaunya bisa membuat cahaya matahari memantul kembali lantaran sangat jernihnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini