Film Joker (Warner Bros)
Film Joker (Warner Bros)

MINEWS, INTERNASIONAL – Kepiawaian Joaquin Phoenix benar-benar membawa keberuntungan besar bagi film ‘Joker’, yang hingga Rabu 17 Oktober 2019 masih menjadi raja di puncak Box Office.

Sejak rilis di Indonesia 2 Oktober dan di AS pada 4 Oktober 2019 lalu, Joker masih menjadi film paling banyak ditayangkan di dunia, yakni total 4.374 bioskop. Jumlah ini bahkan tak menenggelamkan sejumlah film yang tengah tayang, seperti The Addams Family maupun Gemini Man.

Bayangkan, di minggu kedua penayangan, Joker sukses meraup 55 juta dolar AS dari penjualan tiket yang hanya di AS. Sementara dari negara lain, Joker mengantongi pemasukan sebesar 123,7 juta dolar AS.

Jika digabungkan dari pendapatan minggu pertama, Joker sudah meraup uang sebesar 543,9 juta dolar AS, yang jika dikonversikan ke rupiah mencapai Rp 7,7 triliun. Wow, fantastis!

Dari data yang diperoleh, ada 10 negara yang menjadi penyumbang pemasukan film musuh abadi Batman ini, yakni Inggris dengan 36,9 juta dolar AS, lalu Meksiko 28,9 juta, Korea 28 juta, Rusia 20,4 juta, Brasil 18 juta, Jepang 15,4 juta, Australia 14,9 juta, Spanyol 13 juta, Indonesia 11,3 juta, dan Prancis 10,3 juta dolar AS.

Demam Joker diprediksi masih akan terus berlanjut di berbagai belahan dunia hingga akhir Oktober ini.

Film garapan Todd Philips ini juga digadang-gadang akan merebut penghargaan tertinggi di Academy Award alias Oscar. Kategori paling dijagokan adalah Best Picture atau film terbaik, Sutradara Terbaik, dan tentunya Aktor Utama Pria Terbaik dengan mengandalkan Joaquin Phoenix.