Hati-hati, Membawa HP ke Kamar Mandi dapat Sebabkan Wasir!

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Belakangan telepon genggam tak ubahnya seperti nyawa kedua untuk sebagian manusia di muka bumi ini. Bahkan, saat Anda sedang berada di dalam kamar mandi, entah sekadar buang air kecil atau buang air besar, kami pastikan bahwa handphone Anda berada di genggaman.

Sebelum menutup di malam hari dan membuka mata di pagi hari, yang pertama Anda cari pasti telepon genggam Anda. Dan ketika Anda makan, telepon genggam ada pasti ada di samping Anda.

Secara masif peran koran dan majalah tergerus oleh handphone yang menyimpan dan memiliki beragam informasi. Tapi tahukah Anda? Kebiasaan yang satu ini ternyata dapat membuat Anda rentan terhadap penyakit menular dan memengaruhi kesehatan Anda!

Dari semua tempat di rumah Anda, kamar mandi adalah salah satu tempat paling berkuman! Segala sesuatu di kamar mandi, termasuk keran, pengering tangan, atau gagang pintu, semuanya menampung kuman dan bakteri.

Sehingga, ketika Anda membawa ponsel Anda ke kamar mandir, ponsel juga bersentuhan dengan bakteri feses. Hal ini dapat terjadi jika Anda menyeka diri Anda, kemudian menyentuh gagang siram atau kunci pintu toilet, lalu menyentuh telepon genggam Anda.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal Annals of Clinical Microbiology and Antimicrobials mengungkapkan bahwa 95 persen ponsel petugas kesehatan ditutupi dengan bakteri penyebab infeksi seperti salmonella, E. Coli dan C. Difficile.

Melansir Times of India, berikut hal yang dapat ditimbulkan ketika Anda membawa handphone ke kamar mandi atau toile.

Telepon seluler membawa kuman

Studi lain yang dilakukan oleh para peneliti di University of Arizona menemukan bahwa smartphone membawa bakteri sepuluh kali lebih banyak daripada mangkuk toilet. Meski Anda sudah mencuci tangan, namun tidak membersihkan ponsel Anda saat dibawa ke toilet, maka kuman dan bakteri penyebab penyakit tetap menempel di dalamnya dan dapat dengan mudah menyebabkan infeksi.

Hal itu dapat menyebabkan kecemasan

Teknologi telah membuat hidup kita sangat mudah, tetapi juga menjadi alasan untuk kecemasan dan stres. Semakin sering Anda menggunakannya, semakin Anda cenderung merasa stres. Waktu kamar mandi Anda adalah waktu luang Anda dan saat Anda membawa ponsel ke sana, Anda mengundang lebih banyak stres dan kecemasan ke dalam hidup Anda. Dengan membawa ponsel Anda di kamar mandi, Anda menempatkan otak dan kesehatan Anda dalam bahaya. Beberapa bahkan mengalami kesulitan buang air besar karena hal ini.

Memberi tekanan ekstra pada anus

Ada risiko kesehatan lain menggunakan telepon di kamar mandi: wasir! Orang yang membawa ponsel ke toilet, menghabiskan lebih banyak waktu di sana. Duduk di toilet dalam waktu lama juga bisa menyebabkan masalah wasir. Jongkok terlalu lama membuat anus tegang, yang dapat menyebabkan nyeri, pembengkakan, atau pendarahan di daerah panggul Anda.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini