Ilustrasi bakwan gorengan (pixabay)

MATA INDONESIA, INTERNASIONAL – Ada makanan yang membuat tubuh kita menjadi sehat. Namun, tahukah Anda ada makanan yang justru memicu meningkatkan level stress lho!

Setiap makanan yang kita konsumsi sejatinya baik untuk kesehatan tubuh. Akan tetapi, makanan tersebut berpotensi meningkatkan level stress bahkan dapat menjadi racun apabila mengkonsumsinya secara berlebih.

Lantas bagaimana solusinya? Jangan mengkonsumsi secara berlebihan dan selalu periksa kesehatan Anda kepada dokter ya. Melansir Times of India, berikut beberapa makanan yang dapat meningkatkan level stress.

Gula

Gula adalah hal pertama yang harus Anda hindari demi mengurangi tingkat stress Anda. Konsumsi gula berlebih dapat melepaskan kortisol, yang akan menyebabkan masalah tidur, menganggu sistem kekebalan tubuh, sakit kepala, meningkatkan stress, dan ngidam makanan tidak sehat.

Karbohidrat olahan.

Karbohidrat olahan mungkin terasa enak tetapi tidak ada gunanya bagi tubuh Anda. Ini dapat menyebabkan kadar gula darah berfluktuasi yang dapat membuat Anda mudah marah dan murung.

Alkohol

Segelas anggur mungkin dapat membuat Anda merasa lebih rileks setelah hari yang sibuk, tetapi minum lebih dari itu dapat menambah stres dalam hidup Anda. Ini karena minum terlalu banyak alkohol melepaskan hormon yang dapat membuat Anda merasa cemas dan stres.

Terlalu banyak kafein

Jika Anda meminum beberapa cangkir kopi dalam sehari, itu akan membuat Anda merasa lebih gelisah dan cemas. Konsumsi hanya satu cangkir sehari untuk menjauhkan stres.

Tepung putih

Tepung putih yang juga disebut tepung olahan tidak memiliki serat dan merupakan karbohidrat murni. Itu mudah dicerna menyebabkan lonjakan kadar gula darah. Hal ini justru dapat melepaskan kortisol yang menyebabkan stres.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here