Hati-hati, Ini Efek Samping dari Diet

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Apakah Anda sedang berpuasa? Atau diet rendah karbohidrat? Membatasi tingkat kalori tertentu atau mengurangi asupan karbohidrat dan lemak Anda dapat berdampak negatif pada kesehatan Anda.

Oleh karena itu, disarankan untuk Anda yang tengah melakukan program diet untuk memeriksakan kesehatan ke dokter yang Anda percaya ya. Sebab Anda tak pernah tahu akan dampak yang disebabkan oleh program diet yang Anda jalani.

Diet memang merupakan salah satu jalan terbaik untuk menurunkan berat badan. Namun, diet juga menyebabkan beberapa efek samping pada tubuh Anda. Melansir Times of India, berikut efek samping yang ditimbulkan dari diet:

Kelelahan

Makan lebih sedikit hanya akan melumpuhkan tubuh Anda dari kemampuannya untuk membakar energi, yang menyebabkan kelelahan dan kelelahan.

Perubahan suasana hati yang meningkat

Saat kita melakukan diet, kita menghilangkan makanan yang membuat kita bahagia dan kenyang. Karena itu, membatasi asupan makanan bisa memicu perubahan suasana hati yang berbahaya.

Penurunan massa otot

Penelitian telah menunjukkan bahwa diet ekstensif sebenarnya dapat menyebabkan penambahan berat badan dan penurunan massa otot.

Kekurangan nutrisi penting

Meskipun diet biasanya menuntut asupan karbohidrat, lemak, dan kalori yang lebih rendah, diet dapat mengurangi jumlah nutrisi baik seperti serat, asam lemak omega-3 yang menyertai makanan.

Risiko mengembangkan kelainan makan

Meskipun diet untuk menurunkan berat badan dimulai dengan catatan yang baik, hal itu dapat menyebabkan kebiasaan makan yang tidak stabil dalam jangka panjang.

Sembelit

Memilih untuk melakukan diet dapat memengaruhi kesehatan pencernaan Anda dan membatasi asupan makanan Anda dapat mengurangi makanan kaya serat dalam makanan Anda, yang memicu sembelit.

Rambut rontok

Sesuai penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Dermatology Praktis dan Konseptual, kekurangan nutrisi yang tepat melemahkan folikel rambut Anda dan tidak memungkinkan mereka untuk menghasilkan lebih banyak rambut.

Siklus menstruasi

Perubahan pola makan dan penurunan berat badan dapat menyebabkan fluktuasi dalam siklus menstruasi Anda. Oleh karena itu, selalu tepat untuk berkonsultasi dengan ahli gizi yang dapat memandu Anda melalui prosesnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini