Hasta La Vista IndoXXI, Situs Nonton Film Gratis Korban Pemblokiran Kominfo

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA, –  Situs IndoXXI (Lite) dan ribuan situs bajakan dan domain ilegal lainnya ‘korban’ pemblokiran Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Hal ini disampaikan oleh Direktur Jenderal Aptika Kominfo Semuel Pangerapan.

“Kami sudah menghapus lebih dari 1.000 laman yang terkait Piracy (pembajakan), salah satunya IndoXXI,” ujarnya, Minggu 22 Desember 2019.

Samuel juga menegaskan, pihaknya akan terus mencari dan menghapus segala website yang terkait dengan IndoXXI.

“Kami bekerja sama dengan asosiasi video dan film untuk melakukan penghapusan website bajakan,” katanya.

Semuel mengungkapkan bahwa keberadaan website-website ilegal dinilai berbahaya, sebab hal itu berdampak dalam penyebaran malware.

“Ini berbahaya, selain merugikan pemilik Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI), ada beberapa yang kami tutup, kami menemukan menyebarkan malware,” ujarnya.

Menurutnya, setelah Kominfo melakukan pemblokiran, situs ilegal tersebut ada yang buka kembali dengan nama lain.

“Ini seperti kucing-kucingan. Tapi, kami bersama dengan asosiasi terus mengejar,” katanya lebih lanjut.

Tindakan tegas ini dilakukan dan membuahkan hasil. Semuel mengaku, pihaknya memblokir sebanyak 50-100 website ilegal tiap minggunya.

Sebab, perlindungan HAKI merupakan keharusan yang diterapkan di era digital ekonomi. Jika HAKI tidak dilindungi, para kreator enggan berkarya.

“Kalau kita kerja pasti digaji, kalau merea berkarya, karya mereka harus dihargai. Untuk itu kami berupaya melindungi,” katanya.

Aksi pemblokiran ini juga dibantu oleh Video Coalition of Indonesia (VCI). Kelompok ini bekerja sama dengan Kominfo guna mengidentifikasi dan memblokir domain yang terkait dengan situs web dan aplikasi bajakan.

Untuk diketahui, anggota VCI yang tergabung dalam CAP antara lain, AVIA, APFI, APROFI, GPBSI, Grup Emtek, Grup MNC, Grup Viva, Telkom Indonesia, Grup Cinema 21, CGV, Cinemaxx, HOOQ, iflix, Viu, Rewind, SupperSoccerTV, dan Catchplay.

Padahal berdasarkan survei dari YouGov untuk Coalition Against Piracy (CAP) atau koalisi melawan pembajakan, pemblokiran tersebut telah dilakukan Kominfo dalam waktu enam bulan terakhir atau sekitar Juli 2019.

Dalam survei itu dijelaskan bahwa hampir 63 persen (dari 1.045 sampel) konsumen online di Indonesia memiliki perilaku menonton konten online dengan cara mengakses situs web streaming bajakan atau situs torrent demi tidak membayar biaya langganan.

Sementara itu, IndoXXI merupakan aplikasi paling populer dan digunakan oleh 35 persen perangkat streaming gelap (ISD).

Menurut keterangan resmi yang disampaikan oleh CAP, IndoXXI populer bagi kalangan pengguna yang berusia di rentang 18-24 tahun, yakni sebanyak 44 persen.

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini