Hasil Studi: Orang dengan Sedikit Pengetahuan Cenderung Banyak Berkomentar

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Sepertinya, pepatah ‘tong kosong nyaring bunyinya’ benar-benar terbukti secara ilmiah. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan Pew Research Center di AS, orang dengan pengetahuan yang dangkal cenderung lebih banyak berkomentar seolah lebih banyak tahu.

Mengutip New York Post, penelitian yang diterbitkan di jurnal Nature ini melakukan studi dengan kasus makanan yang dimodifikasi secara genetik. Para pakar gizi telah menggolongkan makanan ini aman dimakan dengan 88 persen dukungan dari ilmuwan.

Namun, dari 100 persen orang yang memakan makanan tersebut, hanya 37 persen yang sependapat dengan para pakar gizi dan ilmuwan.

Secara mengejutkan, lebih 60 persen orang justru tidak sependapat atau bertentangan dengan pakar gizi dan ilmuwan serta fakta ilmiah yang ada. Peneliti menyebut, orang-orang dengan pengetahuan minim namun berbicara seolah lebih tahu ini menderita gejala ‘illusion of knowledge’.

Bahkan, peneliti menemukan beberapa pendapat yang sangat jauh bertentangan dari hasil penelitian. Dari hal ini peneliti menyimpulkan, tingkat kecerdasan seseorang sangat berpengaruh pada apa yang disampaikannya di muka umum.

Sebelumnya, topik mengenai hal seperti ini juga tengah hangat diperbincangkan dengan keluarnya buku The Death of Expertise atau Matinya Kepakaran dari penulis Tom Nicholls.

Berita Terbaru

Danrem 072/Pamungkas Hadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Pengamanan Mudik Idul Fitri 1445 H

Mata Indonesia, Magelang - Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Zainul Bahar, S.H., M.Si hadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam rangka Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1445 H bertempat di Semanggi Ballroom Hotel Artos, Jl. Mayjen Bambang Soegeng No.1, Kedungdowo, Mertoyudan, Magelang, Jawa tengah. Jumat, (29/3/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini