Harus Tahu! Bahaya Mengonsumsi Gula Berkadar Tinggi Bagi Kesehatan Tubuh

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Baru-baru ini jagad maya dihebohkan oleh salah satu merk minuman kekinian yang melayangkan somasi kepada customer-nya karena mengkritik kadar gula yang terlalu tinggi di dalam minumannya.

Terkait isu tersebut, sebenarnya apa sih bahayanya mengonsumsi makanan atau minuman yang memiliki kadar gula terlalu tinggi bagi kesehatan tubuh?

American Diabetes Association memiliki pedoman yang menyarankan kadar glukosa yang dianjurkan setelah makan menjadi 180mg/dl atau di bawahnya.

Namun penelitian terbaru menunjukkan kadar glukosa tersebut masih dapat merusak pembuluh darah, saraf, organ, dan sel beta.

Dalam penelitian juga menunjukkan glukosa dapat membahayakan tubuh bahkan pada tingkat yang jauh lebih rendah daripada yang diperkirakan dokter.

Glukosa dapat mulai membunuh sel beta pada tingkat di bawah 140. Kegagalan sel beta akan berujung pada diabetes yang semakin memburuk.

Gula sendiri secara katagori masuk dalam tipe karbohidrat simple yang terpecah menjadi fruktosa, glukosa, sukrosa dan disakarida, dimana gula ini selain rasanya manis dan enak dikonsumsi, gula juga menjadi sumber energi.

Namun jika semua jenis gula tersebut di konsumsi oleh tubuh manusia secara berlebihan maka akan menimbulkan efek secara fisiologis dan juga mempengaruhi penurunan fungsi kerja otak kita.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini