Hari Vegetarian Sedunia, Yuk Ketahui Manfaatnya Menjadi Seorang Vegetarian

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – 1 November ditetapkan sebagai hari vegetarian sedunia. Berbicara soal vegetarian, tak semua orang menyukainya padahal merupakan pilihan hidup sehat.

Sebagian orang memilih menjadi vegetarian karena berbagai alasan, salah satunya untuk kesehatan. Vegetarian adalah pola makan yang hanya terdiri dari sumber makanan nabati, yakni makanan dari tumbuh-tumbuhan seperti gandum, kacang polong, jamur hingga sayuran.

Seorang vegetarian tidak makan daging atau ikan. Tetapi, beberapa vegetarian juga ada yang mengonsumsi telur dan produk susu. Banyak manfaat yang bisa didapat dari kita menjadi vegetarian.

Berikut ini adalah manfaat kesehatan menjadi seorang vegetarian, sehingga seorang vegetarian sangat konsisten dan bertahan dengan pola hidup sehat yang mereka jalani ini.

  1. Perut Sehat

Jika Anda memilih menjadi vegetarian, sayuran akan menumpuk dalam menu makan Anda sehari-hari. Sayuran kaya akan serat yang diperlukan untuk menjaga pergerakan usus bersih.

Ambillah manfaat dari diet vegetarian dengan memasukkan banyak sayuran segar ke dalam makanan Anda. Nutrisi sayur-sayuran juga sangat baik karena merupakan sumber asam amino yang cukup yang diperlukan untuk metabolisme yang sehat.

  1. Lemak Sehat

Diet vegetarian tergolong rendah lemak dan natrium. Oleh karena itu, hal tersebut membantu menjaga kestabilan tingkat tekanan darah. Di samping itu, lemak yang dimiliki sayuran sama sekali tidak berbahaya. Sebaliknya, lemak tersebut sangat penting bagi tubuh dan dapat membantu memelihara kesehatan jantung.

  1. Risiko Kanker Kecil

Diet keseharian para vegetarian kaya akan antioksidan, mineral, phytochemical, dan berbagai nutrisi lainnya. Sejumlah nutrisi yang terdapat dalam sayuran mampu menguatkan sistem imun tubuh guna melawan kanker.

  1. Menurunkan Berat Badan

Salah satu keuntungan menjadi vegetarian adalah mampu menjaga berat badan dalam tataran ideal. Jika Anda meninggalkan pola makan nonvegetarian dan beralih ke diet vegetarian bebas lemak lengkap, hal itu akan sangat membantu Anda menurunkan berat badan. Makanan vegetarian bersifat mengenyangkan. Oleh karena itu, Anda tidak terlalu lapar dan akhirnya makan lebih sedikit.

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini