Hari Bumi, Yuk Ikuti Permainan Interaktif di Google

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Hari ini, Rabu 22 April 2020, di seluruh dunia memperingati hari bumi. Hari Bumi pertama kali dirayakan pada 1970 dan saat ini merupakan peringatan global yang melibatkan 193 negara.

Dampak dari pandemi Covid 19 yang menyebar dengan cepat ke seluruh dunia, membuat orang-orang dipaksa berdiam di rumah dan mengurangi kegiatan di luar selama tiga bulan terakhir ini. Efeknya, luar biasa. Bumi seolah melakukan restart ulang. Polusi berkurang, langit semakin cerah. Lubang ozon mulai mengecil.

Nah untuk memperingati hari bumi ini, Google menampilkan bentuk permainan interaktif yang ditampilkan pada halaman utama pencarian.

Permainan interaktif kali ini fokus pada spesies yang hampir punah, yaitu lebah. Bekerja sama dengan Honeybee Conservancy yang berbasis di New York City, permainan sederhana ini menunjukkan peran penting lebah dalam mempertahankan produksi ekologis Bumi.

Pendiri dan direktur Honeybee Conservancy, Guillermo Fernandez, menjelaskan alasannya mendirikan konservasi lebah. Fernandez pindah ke Amerika Serikat pada usia 1 tahun dan hidup di lingkungan multi-etnis di daerah perkotaan yang miskin.

Masyarakat di daerah tersebut sangat sulit mencari buah atau sayuran segar karena sebagian besar supermarket hanya menyediakan makanan olahan dan makanan cepat saji. ”Tidak ada pohon atau tanaman yang terlihat. Jadi saya memulai Honeybee Conservancy pada 2009 dengan dua alasan utama. Pertama, saya ingin membantu menyelamatkan lebah. Kedua, saya ingin menemukan cara untuk memberdayakan masyarakat yang kurang mampu untuk menghasilkan makanan sehat dan lingkungan yang asri,” ujar Fernandez.

Ia juga meminta masyarakat untuk membantu menyelematkan lebah dalam berbagai cara, seperti mendukung peternak lebah lokal dengan membeli madu dan produk lainnya, membuat tempat berlindung yang aman untuk lebah asli, dan menanam tanaman penyerbuk.

Dalam permainan ini, pengguna dapat mengklik tombol “Play” untuk memulai. Pengguna akan disuguhkan dengan musik latar belakang yang menenangkan dan informasi singkat mengenai lebah. Pengguna juga bisa mengarahkan kursor untuk menggerakkan lebah ke bunga-bunga yang tumbuh di hutan.

Permainan ini tidak memiliki akhir, sehingga pengguna dapat membantu lebah untuk menyerbuki bunga tanpa batas. Google doodle Hari Bumi 2020 ini muncul di halaman utama seluruh dunia. Yuk Kita Mainkan!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Program AMANAH Ciptakan Generasi Muda Aceh yang Unggul dan Berdaya Saing

Adanya program Aneuk Muda Aceh Unggul dan hebat (AMANAH) penting untuk meningkatkan kompetensi dan kepemimpinan anak muda Aceh. Program...
- Advertisement -

Baca berita yang ini