Hari Anak Sedunia, Yuk Nostalgia Jajanan 90-an!

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Masa kecil adalah masa yang dirindu-rindukan. Bisa dibilang, karena masa kecil adalah masa yang paling indah.

Jika dikilas balik, kehidupan anak zaman sekarang sangat berbeda dengan anak generasi 90-an. Anak-anak generasi 90-an berkehidupan sederhana, yang hanya memikirkan sekolah, bermain dengan teman, dan menghabiskan uang untuk jajan.

Jajanan di tahun 90-an memang banyak banget yang populer. Mulai dari permen, cokelat, hingga ciki-cikian. Sebagai nostalgia di Hari Anak Sedunia yang jatuh pada tanggal 20 November ini, berikut ada beberapa jajanan 90-an yang bakal bikin kamu nostalgia:

1. Permen karet Yosan

Jajanan ini emang legendaris banget buat generasi 90-an. Dulu, satu permennya hanya dihargai Rp 100. Selain murah, permen ini juga enak dan wangi.

Hal penting lainnya yang bikin permen karet ini jadi incaran banyak anak, adalah untuk mengumpulkan huruf yang tertera di bagian dalam bungkusnya.

Kalau berhasil mengumpulkan huruf Y-O-S-A-N, akan diberikan hadiah. Namun hingga saat ini, kabarnya baru satu orang yang berhasil mengumpulkan lima huruf tersebut.

2. Permen rokok

Hayo, siapa yang dulu dilarang mama untuk beli jajanan ini gara-gara bentuknya yang kayak rokok beneran? Namanya aja permen rokok, tapi isinya bukan tembakau kok.

Disebut permen rokok karena bentuknya memang mirip rokok. Permen ini berisi susu bubuk rasa cokelat dan vanilla.

Selain bungkusnya yang unik, harganya juga murah banget. Yaitu sekitar Rp 300 di zaman dulu. Murah banget kan?

3. Permen susu

Permen satu ini juga laku di kalangan anak-anak, karena rasanya yang manis susu. Ada hal keren juga kalau kamu beli permen ini.

Nggak cuma permennya, tapi bungkusnya juga bisa kamu makan. Setelah kemasannya dibuka, ada kertas lagi yang menyelimuti permen itu. Kelihatannya memang seperti kertas, tapi nyatanya itu adalah jelly yang bisa dimakan.

4. Coklat koin

Ada lagi jajanan 90-an yang bentuknya unik, salah satunya adalah coklat koin. Coklat ini berbentuk bulat pipih dan dikemas dalam bungkus yang bentuknya menyerupai koin. Harganya murah banget, yaitu cuma Rp 100 aja!

5. Lidi-lidian

Jajanan satu ini masih eksis sampai sekarang. Meski namanya lidi-lidian, tapi tentu saja ini bukan dari sapu lidi beneran.

Lidi-lidian ini jadi favorit anak-anak zaman dulu karena isinya banyak dan harganya murah. Zaman dulu ada dua varian rasa, keju dan pedas. Kalau sekarang pilihan rasanya sudah bervariasi.

Buat kamu yang kangen sama jajanan ini, masih bisa kamu temui di beberapa warung. Harganya nggak mahal, sekitar Rp 1.000 hingga Rp 2.000 aja, kok.

6. Cokelat payung

Anak 90-an pasti tahu deh, seberapa laris cokelat satu ini. Beli satu batang aja rasanya nggak cukup.

Cokelat favorit anak 90-an ini dulu banyak banget penggemarnya, tapi sayangnya sekarang sudah sulit ditemui.

Seperti namanya, cokelat ini memiliki bentuk seperti payung. Bahkan gagangnya juga menyerupai gagang payung. Cokelat ini dijual dengan harga berkisar Rp 300 – Rp 500 untuk satu batangnya.

7. Mie Gemez

Anak-anak tahun 90-an suka banget makan mie mentah. Iya, Mie Gemez adalah mie kering yang harus dihancurkan dan diberi bumbu asin sebelum dimakan.

Disebut Mie Gemez karena sebelum memakannya, kita harus meremasnya sampai hancur, bukan karena bentuknya yang gemes. Dengan Rp 500 kamu udah bisa beli satu bungkus Mie Gemez.

8. Es Mony

Sebelum es krim banyak digemari seperti sekarang, ada satu es yang nggak kalah populer di tahun 90-an.

Es Mony, adalah es dengan rasa sirup buah-buahan. Es ini harus disimpan dalam freezer agar tetap beku, karena di situlah kenikmatannya. Setiap ikut mama belanja, nggak afdol rasanya kalau nggak beli es ini.

9. Telur cicak

Selain bentuk, nama jajanan di tahun 90-an juga aneh-aneh. Contohnya telur cicak ini.

Ini bukan telur cicak beneran, tapi ini adalah permen cokelat yang crunchy tapi mudah dikunyah. Bentuknya bulat kecil dan berwarna-warni. Untuk sebutirnya, biasanya dihargai sekitar Rp 100 aja.

10. Permen kacamata

Jangan lupakan permen legendaris satu ini. Zaman cokelat kacamata itu ngetren waktu zaman Saras 008.

Nah, waktu SD tuh cokelat kacamata ini digunain untuk ala kacamata Saras 008. Harga dan rasanya sih nggak seberapa, tapi udah ngerasa gaul banget kalau makan cokelat ini. (Dinda)

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini