Harhubnas 2020, Ini Deretan Infrastruktur Transportasi Unik yang Bikin Bangga Indonesia
Jalan Kelok 9

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kondisi geografis Indonesia yang dikelilingi banyak pulau dan dipisahkan oleh lautan membuat pemerintah perlu putar otak untuk mempermudah akses transportasi. Beruntung Indonesia memiliki tenaga-tenaga ahli yang brilian sehingga bisa mendesain dan menciptakan produk infrastruktur transportasi yang bagus dan berkelas dunia.

Berikut deretan infrastruktur transportasi yang dibuat oleh putra-putri bangsa yang bikin bangga Indonesia :

Jalan Menembus Gunung dan Membelah Bukit
Selanjutnya jalan menabjubkan kembali berasal dari Indonesia dengan Jalan Trans Papua. Jalan ini memiliki panjang 4.330,07 kilometer dan kemungkinan akan bertambah terus.

Ini Deretan Infrastruktur Transportasi Unik dan Bikin Bangga Indonesia
Jalan Tol Trans Papua

Jalan Trans Papua dalam pembangunanya menembus pegunungan-pegunungan dan bukit-bukit. Hal tersebut lantaran medan di Papua masih belum terjamah oleh manusia.

Jalan Trans Papua menghubungkan berbagai wilayah di Papua, yakni dari Kwatisore-Nabire-Wagete-Enarotali-Ilaga-Mulia-Usilimo-Wamena-Elelil-Jayapura-Wamena-Habema-Kenyam-Mumugu. Selain itu Jalan Trans Papua juga melewati wilayah Kenyam-Dekai-Oksibil-Waropko-Tanah Merah-Merauke-Wagete-Timika.

Kelok 9 di Sumatra

Selain itu, Indonesia juga memiliki jalan unik yang menghubungkan daerah di Sumatra yang bernama Kelok 9. Sesuai dengan namanya, jalan ini memang terdiri dari kelokan atau tikungan yang membentuk huruf 9.

Ini Deretan Infrastruktur Transportasi Unik dan Bikin Bangga Indonesia
Jalan Kelok 9

Kelok 9 sendiri adalah jalan yang berupa jembatan dengan panjang 943 meter. Selain itu terdapat jalan penghubung sepanjang 2.089 meter. Jembatan Kelok 9 dibangun lantaran sebelumnya kondisi jalan sempit dan berkelok-kelok, yang membuat kendaraan besar susah melewatinya.

Jembatan Lengkung LRT Jabodetabek

Jembatan lengkung ini dibangun oleh salah satu perusahaan BUMN yang bernama PT Adhi Karya (Persero) Tbk. Sementara yang mendesainnya adalah seorang Insinyur dari Institut Teknologi Bandung yang bernama Arvilla Delitriana.

Ini Deretan Infrastruktur Transportasi Unik dan Bikin Bangga Indonesia
Jembatan Lengkung LRT Jabodetabek

Jembatan ini pun berhasil meraih dua rekor sekaligus dari Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk pembangunan jembatan bentang beton long span (bentang panjang) pada proyek LRT Jabodebek. Jembatan ini terletak di persimpangan Jalan HR Rasuna Said Kuningan dan Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

Tak hanya itu, jembatan yang memiliki panjang bentang utama 148 meter dan beban pondasi pengujian 4.400 ton menjadi jembatan lengkung boks beton terpanjang di Dunia.

Di Hari Perhubungan Nasional 2020 sudah sepantasnya kita mengapresiasi berbagai pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah. Bukan begitu?

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here