Harga Rokok Naik, Yuk Berhenti Merokok

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Mulai 1 Februari 2021, Kementerian Keuangan secara resmi menaikan tarif cukai hasil tembakau (CHT) atau cukai rokok rata-rata sebesar 12,5 persen.

Kenaikan tarif ini telah ditetapkan oleh pemerintah sejak tahun 2020 melalui Peraturan Meteri Keuangan (PMK) Nomor 198/PMK.010/20 tentang Tarif Cukai Hasil Tembakau.

Masing-masing kelompok atau golongan rokok mengalami kenaikan tarif yang berbeda-beda dengan rata-rata kenaikan sebesar 12,5 persen.

Dengan ditetapkannya ketentuan ini, pemerintah berharap dapat menekan pertumbuhan produksi rokok sebesar 3,2 persen.

Selain menghabiskan uang, ternyata merokok juga mengganggu kesehatan manusia. Mengutip dari halodoc, beberapa penyakit serius yang dapat ditimbulkan dari kegiatan yang satu ini seperti stroke, aneurisma otak, kanker paru-paru, bronchitis, ulkus, kanker bibir, kanker tenggorokan, emfisema, dan masih banyak lainnya.

Jangan risau bagi kalian yang sudah kecanduan dengan produk olahan tembakau ini, banyak jalan yang dapat ditempuh untuk mengurangi merokok. Dilansir dari berbagai sumber, berikut kami rangkumkan daftarnya.

  1. Olahraga

Berolahraga dapat membantu mengalihkan keingan merokok. Dikutip dari Medical News Today, olahraga diketahui dapat mengurangi gejala putus nikotin.

Menurut sebuah studi, ketika berolahraga selama 10 menit, efek keinginan untuk tidak merokok langsung bisa dirasakan. Hal ini dikarenakan otak memproduksi zat kimia anti-candu ketika sedang berolahraga.

  1. Konsumsi Makanan Sehat

Biasanya, para pecandu enggan berhenti merokok karena takut nafsu makan akan bertambah. Padahal, hal tersebut bisa diantisipasi dengan memakan-makanan yang sehat dan bergizi seperti buah dan sayur.

Selain itu, menjalani pola makan sehat dapat memberikan nutrisi yang baik bagi tubuh serta sebagai pengingat untuk menjalani gaya hidup sehat.

  1. Nicotine-Replacement Therapy (NRT)

NRT atau terapi pengganti nikotin merupakan salah satu  metode yang diklaim sangat efektif dalam mengatasi kecanduan rokok.

Terapi ini menggunakan produk-produk yang menyuplai nikotin dosis rendah dengan tujuan mengurangi pecandu tersebut dari keinginan untuk merokok.

Beberapa produk pengganti rokok yang digunakan pada terapi ini adalah permen karet, inhaler, nasal spray, dan lozenge.

  1. Hipnotis

Langkah selanjutnya ialah hipnotis. Dilansir dari honestdocs, hipnotis merupakan kondisi trace atau tertidur yang ditujukan untuk mengubah seseorang menjadi tak sadarkan diri. Metode hipnotis klinis memang digunakan untuk pengobatan psikologi dan fisik.

Saat dihipnotis, pasien akan merasa lebih rileks sehingga mempu berkonsentrasi dan mau mendengarkan saran untuk berhenti merokok.

Meski sangat sulit diteliti tinggat efektivitasnya, beberapa orang mengaku telah merasakan manfaat dari metode yang satu ini.

  1. Akupuntur

Metode yang satu ini sudah digunakan untuk mengatasi ketergantungan rokok. Banyak orang yang merekomendasikan akupuntur. Bahkan, ada beberapa buku penelitian yang mendasari penelitian ini.

Dilansir dari honestdocs, terdapat titik yang disebut “Tim Mee” yang digunakan secara spesifik untuk membantu mengurangi kebiasaan merokok.. Titik tersebut berada di atas lipatan pergelangan tangan.

Dengan melakukan akupuntur di titik ini, dapat membantu orang berhenti merokok dan mengubah rasa rokok.

Reporter: Diani Ratna Utami

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Harga Daging Sapi di Bantul mulai Turun, Ini yang jadi Penyebabnya

Mata Indonesia, Bantul - Setelah Lebaran, harga daging sapi di Bantul mulai mengalami penurunan secara perlahan. Nur Wijaya, Lurah Pasar Niten, membenarkan hal tersebut dengan mengatakan bahwa pada 15-16 April 2024, harga daging sapi sudah stabil.
- Advertisement -

Baca berita yang ini