3 Manfaat Ngopi di Pagi Hari
Ilustrasi minum kopi (batamnews.co.id)

MINEWS, LAMPUNG – Ternyata bukan hanya Temanggung yang menetapkan hari Jumat sebagai hari minum kopi. Kebijakan tersebut juga diterapkan di Lampung oleh sang Gubernur Arinal Djunaidi. Namun, yang unik adalah program ini diwajibkan untuk para siswa dan guru di sejumlah Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri di Lampung.

Adapun program tentang kopi ini sudah disahkan beberapa waktu lalu, melalui Surat Edaran Gunernur Lampung Nomor : 045.2 / 2708.A /V.20/2019 Tentang Hari Jumat Sebagai Hari Minum Kopi. Hal ini dilakukan mengingat Provinsi Lampung adalah pemasok terbesar kopi robusta di Indonesia.

Salah satunya seperti yang dilakukan SMA Negeri 4 Kota Metro, Lampung, pada Jumat 8 November 2019 pagi. Bahkan demi menyukseskan program ini, gubernur mengundang Warkop WAW Metro untuk bersama-sama menyeduh kopi asli Lampung.

Kepala SMAN 4 Kota Metro Ni Made Noviani mengatakan, pemilihan kopi WAW karena kopinya terbukti menyehatkan.

“Kami akan memperkenalkan Kopi WAW kepada siswa-siswi di sekolah ini. Agar mereka tahu, kemudian bisa membedakan mana kopi sehat dan tidak sehat dari cara penyeduhannya dan penyajiannya,” ujarnya.

Alasan kenapa mengundang Warkop WAW Metro, karena selain mengenal kopi WAW sendiri, juga untuk menambah pengetahuan bagi siswa-siswi, guru dan staf di sekolah bahwa kopi sehat dikonsumsi.

Diketahui, program Jumat Minum Kopi dilakukan untuk meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap produk unggulan daerah. Serta memberikan nilai tambah produksi kopi guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dan hal ini juga dilakukan Pemprov Lampung dalam meningkatkan promosi dan konsumsi kopi asli asal Lampung.