Ginjal Ingin Selalu Sehat, Konsumsi 5 Makanan Ini Secara Rutin

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Semua makanan alami memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Tetapi, ada beberapa makanan yang baik dikonsumsi untuk menunjang kesehatan ginjal dan bisa dikonsumsi setiap hari.

Ginjal merupakan organ vital tubuh yang perlu juga dijaga kesehatannya. Agar fungsi organ tubuh lainnya berjalan baik.

Dirangkum dari berbagai sumber, 5 makanan untuk kesehatan ginjal yang baik dikonsumsi rutin.

  1. Apel

Buah ini sejak dulu sudah dipromosikan sebagai superfood hingga dianjurkan untuk dikonsumsi sebutir per hari. Buah yang manis renyah ini mengandung pectin, serat larut air yang dapat menurunkan kolesterol dan gula darah.

  1. Strawberry dan blueberry

Buah berwarna oranye merah ini aromanya harum dengan rasa asam segar yang enak. Meskipun kecil buah ini kata akan banyak manfaat sehat. Strawberry kaya akan serat, vitamin dan nutrisi lain yang bisa melindungi jantung, mencegah kanker dan anti peradangan. Konsumsi segar atau nikmati sebagai campuran salad atau jus atau smoothies.

Blueberry merupakan buah yang kaya antioksida, rendah kalori dan kaya serat serta vitamin C. Buah mungil ini punya potensial melindungi tubuh dari kanker, menyehatkan jantung, ginjal serta sel otak.

  1. Ikan kaya asam lemak omega 3

Asam lemak omega3 tidak diproduksi oleh tubuh, karenanya harus diasup dari makanan. Asam lemak ini penting untuk melancarkan aliran darah, mencegah penggumpalan darah dan membangun sel otak.

Asam lemak omega 3 juha bisa mengurangi trigliserida, mengontrol tekanan darah. Bisa mencegah pertumbuhan sel kanker, penyakit autoimum dan gangguan ginjal. Tekanan darah tinggi memberi risiko tinggi pada gangguan ginjal

  1. Bayam

Bayam merupakan salah satu sayuran hijau yang kaya akan kandungan vitamin A, C, K dan folat. Bata karoten yang ada pada bayam juga sangat baik untuk memperkuat daya tahan tubuh dan kesehatan mata.

Sayuran lain yang baik dikonsumsi adalah kale. Sayuran berwarna hijau gelap ini kaya antioksidan yang menyehatkan ginjal. Tetapi perlu berhari-hati dengan kandungan potassium yang kurang cocok untuk mereka yang sudah menjalani cuci darah.

  1. Ubi manis

Ubi yang manis dengan tekstur lembut ini kaya akan beta karoten dan sumber vitamin A yang baik. Ubi manis juga kaya akan vitamin B 6 dan potassium. Kandungan serat ubi manis lebih lama terurai sehingga dapat mengontrol tingkat insulin.

Sementara kandungan potassiumnya mampu menyeimbangkan kadar sodium dalam tubuh yang memperingan kerja ginjal. Karena mengandung potassium maka kurang cocok dikonsumsi oleh mereka yang sudah menjalani cuci darah.

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini