Salaman Hongi (Foto: Instagram/@tamarajosephine_photography)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Di Indonesia kalau bertemu dengan orang yang lebih tua cara penghormatan terbaik adalah dengan salam, yaitu mencium punggung tangan seseorang yang dianggap lebih tua atau dihormati.

Tapi pernah ngga sih kalian mencoba gaya salaman yang unik, seperti menjulurkan lidah ke orang lain? atau meludahi orang lain?

Pasti ngga pernah kan, nanti malah dicap sebagai anak yang durhaka karena tidak sopan kepada yang lebih tua. Tapi di negara lain justru salaman unik seperti itu dilakukan setiap hari sebagai sikap penghormatan atau persahabatan.

Penasaran negara mana saja yang merapkan salaman unik? Cekidot!

1. Alaska

Negara yang terkenal dengan suku Eskimo ini mempunyai salaman yang unik dan khas, yaitu dengan memadukan kedua hidung. Biasanya dilakukan kepada keluarga atau pasangan. Salaman tersebut disebut dengan Kunik.

Apabila saat kedua hidung menyatu dan salah satunya mengendus-endus, itu artinya orang tersbut sedang mengungkapkan kasih sayang atau perasaannya. Unik banget ya.

 

Salaman kunik (Foto: Instagram/@mas_scarves)

2. Maori, Selandia Baru

Hampir sama dengan salaman Kunik. Kalau di Selandia Baru disebutnya Hongi, yaitu saling mendekatkan hidung satu sama lain yang bermakna saling “berbagi napas kehidupan”. Yang membedakan, Hongi tidak mengenal dengusan sebagi bentuk menyatakan perasaan.

Salaman Hongi (Foto: Instagram/@tamarajosephine_photography)

3. Afrika

Pernah main ayam-ayaman pake jempol tangan yang ditekan salah satu jempolnya berarti dia yang menang. Kalau di Afrika justru bukan dijadikan mainan, tapi salaman. Uniknya di negara ini bersalamannya dengan menekan jempol seseorang.

Caranya, menekan jempol orang lain dengan kedua tangan. Tapi jangan terlalu kencang ya, bukannya salaman tapi malah ngejerit kesakitan.

Gaya salaman orang Afrika (Foto: Istimewa)

4. Tibet

Menjulurkan lidah sudah menjadi kebudayaan warga Tibet. Hal itu dilakukan sebagai pembuktian bahwa dirinya bukan reinkarnasi dari seorang raja. Budaya mejulurkan lidah ini sudah ada sejak abad ke-9 saat pemerintahan Lang Darma.

Jadi, kalau kalian lagi main di Tibet lalu ada yang menjulurkan lidah, jangan marah ya, dan jangan baper karena itu sudah merupakan kebudayaan mereka.

Gaya salaman orang Tibet (Foto: Istimewa)

5. Kenya dan Tanzania

Kalau kalian mencoba meludah ke orang tua pasti udah abis kena omelan. Tapi beda dengan suku Maasai di Kenya dan Tanzania. Karena meludah di sini menjadi bentuk penghormatan ke orang lain, baik tua maupun muda.

Mereka sering saling meludah untuk memberi penghormatan satu sama lain. Tapi bagi yang usia muda, harus meludahi tangannya sendiri dulu sebelum meludah ke yang lebih tua. Aneh ya, tapi itu sudah menjadi kebudayaan di sana.

Gaya salaman orang Kenya. (Foto: Istimewa)

Sekarang sudah tahu kan bagaimana cara bersalaman dengan orang lain di negara-negara tertentu, jadi kalau sewaktu-waktu lagi main di negara di atas, jangan kaget lagi dengan kabudayaan unik mereka, salah satunya bersalaman. (Anita Rahim)

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here