Gangguan di Pendengaran
Gangguan di Pendengaran

MATA INDONESIA, JAKARTA – Adakah yang merasa kurang jelas dalam pendengarannya? Jika iya, bisa jadi Anda mengalami penyakit gangguan pendengaran. Penyakit ini terjadi pada proses mendengar. Apa sih penyebabnya? Mari simak penjelasannya.

Telinga menjadi organ paling penting bagi manusia. Telinga berperan dalam menghantarkan suara atau bunyi. Orang  memiliki tiga bagian pendengaran yaitu bagian luar, bagian dalam, dan bagian tengah. Jika sudah terjadi gangguan pada bagian-bagian tersebut, suara bisa tidak terdengar sama sekali atau menjadi samar-samar.

Ada beberapa hal yang kemungkinan menjadi penyebab gangguan pendengaran, yaitu:

  • Sensorial, hal ini terjadi akibat gangguan sensori atau saraf pada telinga bagian dalam. Biasanya Sensorial terjadi karena paparan suara keras, proses penuaan, obat-obatan yang merusak telinga (ototoksik), penyakit tertentu (misalnya meningitis), faktor genetik, trauma kepala, dan kelainan struktur pada telinga dalam.
  • Konduktif, terjadi karena adanya suatu hambatan yang mengganggu penghantaran suara (konduksi) dari telinga luar melalui telinga tengah hingga sampai telinga dalam. Kondisi ini dapat dipicu oleh penumpukan kotoran telinga, infeksi telinga, kerusakan gendang telinga, adanya benda asing dalam telinga, kelainan bentuk telinga, trauma pada telinga, dan sebab lainnya.
  • Disebabkan oleh campuran antara gangguan sensorineural dan konduktif.

Biasanya, dokter akan bertanya kepada penderita seputar gejala yang dirasakan dan melakukan pemeriksaan fisik telinga. Pemeriksaan ini dilakukan agar dapat melihat kondisi liang telinga lebih seksama.

Selain itu dapat dilakukan pemeriksaan sederhana dengan garpu tala untuk membantu menentukan penyebab gangguan pendengaran. Pemeriksaan lain yang dapat dilakukan adalah teknik audiometer, acoustic immittance,  otoacoustic emisions (OAE), auditory brainstem response (ABR), dan beberapa cara lain.

Pengobatan sangat tergantung dari penyebab gangguan pendengaran. Beberapa jenis gangguan pendengaran memang tidak dapat dicegah. Begitu juga bila terjadi kondisi cacat telinga. Beberapa orang dilahirkan dengan struktur telinga yang tidak normal, yang membuat mereka terhambat untuk bisa mendengar dengan baik.

Reporter : Mega Suharti Rahayu

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here