Gak Ribet, Ternyata Olahraga Ini Bisa Cegah Obesitas

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Tahu gak? Bisa aja di dalam diri kamu memiliki gen obesitas.Ternyata  Orang-orang yang secara genetik rentan terhadap obesitas dapat menambah berat badan dengan lebih mudah daripada orang lain lho.

Dilansir dari livescience.com pada 2 Agustus 2019, sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa jenis olahraga tertentu dapat membantu menangkal obesitas, bahkan bagi mereka yang secara genetis cenderung mengalami kondisi tersebut.

Dari penelitian yang dilakukan, ternyata jogging menjadi salah satu olahraga yang terbukti dan efeknya paling kuat untuk mencegah obesitas. Peserta penelitian dengan gen obesitas yang joging cenderung memiliki BMI lebih rendah.

Selain itu, persentase lemak tubuh lebih juga rendah dan lingkar pinggul lebih kecil daripada orang dengan risiko genetik serupa yang tidak joging.

Nah! Buat yang tidak suka joging, ada lima jenis olahraga lain juga dikaitkan dengan BMI yang lebih rendah di antara individu yang berisiko mengalami obesitas. Diantaranya pendakian gunung, berjalan, power walk, jenis tarian tertentu (seperti dansa ballroom) dan sesi yoga yang panjang.

Temuan ini menunjukkan bahwa “Walaupun faktor keturunan sangat penting untuk obesitas, melakukan berbagai jenis latihan dapat mengubah hubungan ini,” tulis para penulis dalam makalah mereka, yang diterbitkan pada 1 Agustus di jurnal PLOS Genetics.

Dalam penelitian tersebut juga ditemukan bahwa beberapa jenis olahraga lain gagal menangkal risiko genetik obesitas.  Diantaranya yang gagal termasuk bersepeda, latihan peregangan dan berenang, serta video game “Dance Dance Revolution“.

 

Berita Terbaru

Harga Daging Sapi di Bantul mulai Turun, Ini yang jadi Penyebabnya

Mata Indonesia, Bantul - Setelah Lebaran, harga daging sapi di Bantul mulai mengalami penurunan secara perlahan. Nur Wijaya, Lurah Pasar Niten, membenarkan hal tersebut dengan mengatakan bahwa pada 15-16 April 2024, harga daging sapi sudah stabil.
- Advertisement -

Baca berita yang ini