Gak Mau Seperti Cinta Penelope, Ini Lho 5 Kebiasaan Pemicu Kanker

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Kabar sedih datang dari artis cantik Cinta Penelope. Penyanyi berhijab itu divonis kanker oleh dokter. Kanker yang diderita Cinta bahkan sudah menginjak stadium 3. Meski begitu, ia tak ingin menyebutkan secara detail jenis kanker yang dideritanya.

Bicara soal kanker, penyakit ini menjadi salah satu momok paling menakutkan di masyarakat. Lantaran proses pengobatannya yang sulit dan memakan waktu serta biaya yang besar.

Dan ternyata, munculnya kanker ini bisa dipicu oleh kebiasaan sehari-hari yang dilakukan selama bertahun-tahun lho gaes. Di samping juga adanya peran hormon dan makanan yang membuat sel kanker tumbuh dan menyebar di dalam tubuh penderitanya.

Berikut beberapa kebiasaan buruk yang bisa jadi pemicu kanker namun seringkali tak disadari orang.

Terlalu banyak duduk saat bekerja

Dikutip dari doktersehat.com, mereka yang bekerja di kantor dan lebih banyak duduk untuk menyelesaikan pekerjaan akan berisiko mengalami kanker pada tubuhnya. Oleh karena itu, kalau kamu duduk selama 2 jam dan merasa lelah lebih baik segera berdiri dan jalan selama 5 menit. Selanjutnya, baru duduk kembali.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh beberapa orang di Jerman terhadap 70.000 penderita kanker didapatkan fakta kalau duduk lebih dari 2 jam bisa meningkatkan risiko kanker kolon atau usus sebanyak 8 persen. Selanjutnya kanker paru-paru juga akan naik hingga 6 persen. Khusus pada wanita, peningkatan kanker endometriosis bisa naik hingga 10 persen.

Konsumsi daging berlebihan

Daging merah atau jenis daging lain memang memberikan tubuh sumber protein. Sayangnya, kondisi ini bisa menjadi kebiasaan pemicu kanker kalau dikonsumsi secara berlebihan. Kandungan lemak pada daging bisa membuat obesitas. Jenis kanker yang bisa muncul dari konsumsi daging berlebihan adalah kanker prostat hingga pankreas.

Jarang bergerak aktif

Kalau kamu ingin terhindar dari kanker, ada baiknya untuk lebih aktif dalam bergerak. Kamu bisa melakukan olahraga ringan seperti jogging saat pagi hari atau melakukan olahraga di gym sebanyak 3-5 kali selama seminggu agar tubuh bergerak maksimal dan tidak mengalami penumpukan lemak.

Makan tidak terkontrol

Seseorang bisa mengalami obesitas karena beberapa hal seperti makan tidak terkontrol atau terlalu banyak mengonsumsi gula. Oleh karena itu, mengendalikan apa yang dimakan sangat penting. Meski terlihat sedikit, kita tidak tahu berapa banyak kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Obesitas yang terjadi pada pria dan wanita bisa memicu terjadinya gangguan pada tubuh mulai dari masalah penurunan kesuburan, penurunan kualitas gerak, dan meningkatnya risiko kanker di dalam tubuh. Kegemukan menyebabkan hormon di dalam tubuh tidak bisa berjalan dengan lancar. Akibatnya, ini jadi kebiasaan pemicu kanker payudara yang tidak bisa dihindari.

Konsumsi alkohol dan rokok

Konsumsi alkohol yang berlebihan bisa membuat kamu mengalami kanker dengan mudah. Jenis kanker yang bisa muncul karena konsumsi alkohol adalah kanker payudara, kanker di sekitar kepala, leher, dan hati yang terus-menerus menyaring racun yang masuk bersama dengan konsumsi alkohol.

Selain mengonsumsi alkohol yang berlebihan, kebiasaan lain pemicu kanker adalah merokok. Ini memicu kanker di dalam tubuh berkembang dengan lebih cepat. Kanker yang berkembang di dalam tubuh dipicu oleh racun yang masuk bersama asap dari rokok yang sangat berbahaya.

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini