Gak Kalah Keren, Ini Rekomendasi Film Pendek Indonesia yang Wajib Tonton

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Beberapa waktu lalu, warga net di ramaikan dengan film pendek Indonesia berjudul ‘Tilik’ yang tersebar disejumlah platform sosial media pada 17 Agustus 2020 lalu.

Film pendek garapan sutradara Wahyu Agung Prasetyo ini sukses mencuri perhatian netizen dengan ceritanya yang unik dan relate dengan kehidupan sehari-hari. Salah satu tokohnya yang menarik ialah Bu Tejo.

Tilik mengisahkan sekelompok ‘emak-emak’ yang ingin menjenguk bu Lurah di rumah sakit. Mereka berangkat menggunakan truck dan di sepanjang perjalanan, bu Tejo dan kawan-kawannya bergosip ria bak ‘emak-emak rumpi’ yang sangat relate dengan kehidupan sehari-hari.

Nah selain Tilik, kamu juga bisa menikmati film pendek buatan anak bangsa lainnya yang gak kalah keren dengan film di layar lebar. Kuy simak!

1. Anak Lanang (2017)

Film Anak Lanang

Sama seperti Tilik, film ini lahir dari tangan sutradara Wahyu Agung Prasetyo dan rilis pada tahun 2017.

Film ini mengisahkan percakapan empat orang siswa SD laki-laki yang sedang dalam perjalanan pulang sekolah di atas becak. Keempat bocah itu asik mengobrol mengenai keseharian mereka.

Uniknya, sembari membicarakan kehidupan mereka, anak-anak lanang ini juga memberi opini masing-masing mengenai ibu mereka.

2. Prenjak In the Year of Monkey (2016)<

Film Prenjak In the Year of Monkey

Film pendek Indonesia selanjutnya datang dari sutradara Wregas Bhanuteja pada tahun 2016. Berbeda dengan Tilik dan Anak Lanang, film Prenjak mengangkat kisah budaya seks lama yang beredar di wilayah Yogyakarta pada tahun 1990-an.

Diawali dengan tokoh bernama Diah (Rosa Winenggar) yang sedang mengalami kesulitan keuangan. Ia tak bisa membayar sewa rumah dan makan untuk dirinya dan sang anak.

Kemudian ia memilki ide untuk menawarkan dirinya kepada sosok pria bernama Jarwo namun melalui sebuah korek api seharga 10 ribu per batang. Korek tersebut nantinya digunakan untuk melihat organ intim Diah di bawah kolong meja.

3. Pria (2017)

Film Pria

Film garapan sutradara Yudho Aditya ini mengisahkan seorang laki-laki bernama Aris yang terkurung dalam tradisi asuhan pedesaan. Ia dijodohkan oleh seorang gadis yang tidak ia cintai.
Namun, ternyata Aris memilki rahasia. Rahasia tersebutlah yang menjadi alasan penolakannya terhadap perjodohan tersebut.

4. Singsot (2016)

Film Singsot

Buat pecinta horor, jangan sedih. Ada kok rekomendasi film pendek Indonesia yang bergenre horor. Salah satunya ada Singsot yang dirilis pada 2016.

Film ini memiliki kisah horor yang cukup menarik. Singsot sendiri merupakan bersuil dalam bahasa jawa. Mengisahkan seorang bocah laki-laki bernama Pulung yang sedang menginap dirumah kakek neneknya.

Sang kakek pun memberi larangan pada Pulung untuk tidak bersiul selepas waktu Magrib. Namun, bocah ini pun bandel dan tetap melakukannya. Setelah itu, kamu harus bersiap-siap menyaksikan kisah horornya.

5. Lemantun (2014)

Film Lemantun

Terakhir ada film yang digarap sutradara film pendek Prenjak In the Year of Monkey, Wregas Bhanuteja. Film ini memiliki genre komedi namun sarat akan pesan moral.

Lemantun mengisahkan seoranh ibu yang hendak membagikan warisan kepada buah hatinya. Namun bukan berupa uang ataupun emas. Melainkan sebuah lemari. Gak cuma lucu dan bikin ketawa, Lemantun juga bisa bikin kamu berlinang air mata.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini