Gak Cuma Puasa, Ibadah Sunnah Ini Bisa Kamu Lakukan di Hari Senin

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Hari Senin telah tiba. Yuk, perbanyak amalan sunnah biar hari Senin kamu makin berkah.

Biasanya, saat hari Senin, umat Islam dianjurkan untuk melaksanakan puasa sunnah dikedua hari baik, yaitu Senin dan Kamis. Hal ini dikarenakan kedua hari tersebut merupakan hari istimewa dimana pintu-pintu surga akan dibuka.

Maka dari itu, umat Muslim saling berlomba-lomba mencari pahala sebanyak-banyaknya untuk mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.

Tapi, kamu bisa loh mendapatkan pahala berlibat gak cuma dari puasa. Ada ibadah-ibadah sunnah lainnya yang bisa kamu lakukan di hari Senin. Apa aja sih?

1. Berdzikir

Salah satu amalan sunnah Rasulullah yanh bisa kamiu lakukan di hari Senin adalah memperbanyak dzikir. Dengan berdzikir kita akan mengingat Allah dimanapun kita berada dan hati jadi tidak kosong.

Kamu memang bisa melakukan dzikir dimana saja. Tapi, ada baiknya dzikir dilakukan setelah menunaikan ibadah salat fardu maupun sunnah.

2. Shalat Dhuhah

Selain puasa, ibadah sunnah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW diantaranya yaitu mengerjakan salat Dhuha. Diriwayatkan Muslim, dari hadits Aisyah radhiallahu anha, dia berkata:

“Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam shalat Dhuha sebanyak empat (rakaat), kadang beliau menambah sesuai keinginannya.”

Lalu, dari Abu Dzar, Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Pada pagi hari diharuskan bagi seluruh persendian di antara kalian untuk bersedekah. Setiap bacaan tasbih (subhanallah) bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahmid (alhamdulillah) bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahlil (laa ilaha illallah) bisa sebagai sedekah, dan setiap bacaan takbir (Allahu akbar) juga bisa sebagai sedekah. Begitu pula amar ma’ruf (mengajak kepada ketaatan) dan nahi mungkar (melarang dari kemungkaran) adalah sedekah. Ini semua bisa dicukupi (diganti) dengan melaksanakan shalat Dhuha sebanyak 2 raka’at.”(HR Muslim).

3. Ucapkan Salam

Selain ibadah diatas, ada amalan sederhana yang bisa kamu lakukan di hari Senin loh, seperti dengan mengucapkan salam. Ibadah sederhana ini merupakan sunnah dari Rasulullah SAW yang jika dilakukan maka kamu bisa mendapat syafa’atnya.

Diriwayatkan dari Abdullah bin Amru Radhiyallahu Anhu, ia menceritakan:

“Seorang laki-laki bertanya kepada Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam, ‘Apa ciri keislaman seseorang yang paling baik?’ Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam menjawab, ‘Kamu memberikan makanan (kepada orang yang membutuhkan) dan mengucapkan salam kepada orang yang kamu kenal dan orang yang tidak kamu kenal.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

4. Segera Tidur Setelah Isya

Dalam hadits shahih dinyatakan bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam tidak suka tidur sebelum shalat isya dan tidak suka begadang setelah shalat isya. Hal tersebut bermaksud agar kita tidak bangun terlambat dan kesiangan dalam menjalankan shalat subuh.

Jadi, usahakan kamu bergegas tidur setelah melaksanakan shalat Isya ya gaes.

5. Shalat Tahajjud

Seperti sabda Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam:

“Sedekat-dekat hamba kepada Allah adalah pada tengah malam terakhir. Apabila engkau bisa termasuk golongan orang berdzikir mengingat Allah ada saat itu, maka lakukanlah.” (HR. Al-Hakim).

Kamu bisa melaksanakan shalat tahajjud dalam 3 rentang waktu, yaitu di sepertiga malam pertama, sepertiga malam tengah dan sepertiga malam akhir.

Sepertiga malam pertama dilaksanakan pada habis salat Isya sampai pukul 01.00. Namun tetap harus dilaksanakan setelah tidur terlebih dahulu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Program AMANAH Kembangkan SDM Muda Kelola Potensi Kekayaan Aceh

Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mampu mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda di Tanah Rencong...
- Advertisement -

Baca berita yang ini