Gak Cuma Pizza, Ini Kuline Khas Italia yang Wajib Dicoba

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Jika berbicara makanan khas Italia, pasti semua akan menjawab pizza. Italia seakan tidak dapat dipisahkan dari makanan cepat saji berbentuk bulat itu.

Namun, gak cuma pizza lho gaes. Terdapat pula berbagai makanan khas dari Italia yang tak kalah lezatnya.

1. Arancini

Arancini (pinterest)

Arancini atau bola-bola nasi goreng, salah satu makanan populer di Italia. Berbeda dengan nasi goreng buatan Indonesia, Arancini memiliki isian di dalamnya. Nasi berbentuk bulat ini diisi dengan kacang polong dan saus. Saus yang digunakan adalah saus ragu. Setelah dibentuk bulat dan diisi, nasi ini kemudian digoreng dengan tepung roti.

Untuk mendapatkan tekstur yang renyah, arancini digoreng hingga berubah warna keemasan. Di Italia, arancini diolah dan disajikan dengan berbagai varian. Isian ini menambah rasa nikmat dari bola nasi goreng.

2. Lasagna

Lasagna (pinterest)

Makanan khas Italia satu itu tak kalah terkenal dengan pizza. Lasagna, makanan yang sudah bisa dijumpai di berbagai restoran di Indonesai. Lasagna merupakan makanan dari pasta. Resepnya ini adalah yang paling tua dan ditemukan sebelum pizza. Makanan ini diolah dari lembaran kulit pasta yang kemudian diberi isian.

Isian yang digunakan sebagai toping lasagna sangat beragam. Mulai dari daging, sosis, keju, dan saus Bolognese. Semua isian ini disusun secara teratur dan ditabur pasta lasagna. Lasagna paling populer di Italia adalah lasagna ala Bolognese yang biasanya disajikan tiap karnaval di berbagai kota di Italia.

3. Oscobuco alla Milanese

Oscobuco alla milanese

Hidangan yang berasal dari Milan ini merupakan hidangan dari bahan dasar daging sapi. Tepatnya, makanan ini adalah betis sapi rebus. Betis sapi ini direbus dengan anggur putih dan disajikan dengan berbagai sayuran.

Betis sapi yang dihidangkan sudah dipotong terlebih dahulu sehingga tidak terlalu besar saat disantap. Biasanya oscobusso ini dihidangkan bersama dengan risotto sehingga lebih lezat. Topping lainnya yang sering digunakan adalah saus kulit lemon dan irisan bawang putih dengan peterseli.

4. Saltimbocca khas Italia

Saltimbocca

Makanan yang satu ini mungkin terdengar kurang familier di Indonesia. Makanan ini hanya bisa ditemukan di Italia dan menjadi makanan yang sangat populer di kalangan turis. Saltimbocca adalah olahan daging sapi yang diiris tipis. Daging sapi ini dimasak dengan poscuitto dan ditusuk dengan tusuk gigi.

Saltimbocca merupakan salah satu makanan khusus yang tidak bisa disajikan sembarangan. Makanan ini hanya ditemukan di restoran terkenal.

5. Panzanella

Panzanella

Panzanella juga merupakan makanan khas dari Italia. Pada mulanya, panzanella adalah makanan para petani. Makanan ini bisa ditemukan di Tuscany saat musim dingin tiba.

Makanan khas Italia ini terbuat dari bahan dasar roti yang diberi saus tomat, kemangi segar, dan mentimun.

Reporter : Afif Ardiansyah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Program AMANAH Kembangkan SDM Muda Kelola Potensi Kekayaan Aceh

Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mampu mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda di Tanah Rencong...
- Advertisement -

Baca berita yang ini