Gak Cuma Kembang Api, Ini Tradisi Malam Tahun Baru di Berbagai Negara

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Perayaan malam tahun baru identik dengan pesta kembang api yang mengiringi hitungan mundur menyambut pergantian tahun. Biasanya, beberapa destinasi hingga rumah-rumah akan menyalakan kembang api untuk memeriahkan tahun baru.

Tapi, siapa bilang tahun baru hanya bisa dimeriahkan dengan kembang api? Banyak cara unik yang jarang diketahui saat malam tahun baru tiba lho!

Seperti beberapa tradisi di negara-negara ini. Penasaran seperti apa perayaan tahun baru mereka? Yuk simak!

1. Memecahkan Kaca (Denmark)

Ada tradisi unik yang biasa dilakukan masyarakat Denmark saat tahun baru. Yaitu memecahkan kaca.

Di Denmark, kaca pecah dianggap memberi keberuntungan. Masyarakat lokal di Denmark memecahkan kaca porsele yang sudah tak terpakai di depan pintu rumahnya.

Hal ini dirasa cukup unik. Tapi juga agak membahayakan ya.

2. Mengecat Pintu Rumah (Cina)

Di Cina, mengganti warna properti rumah saat tahun baru dianggap bisa membawa keburuntungan. Khususnya jika menggantinya dengan warna merah.

Menyambut tahun baru, sebagian besar penduduk Cina akan mengecat pintu depan rumahnya dengan warna merah. Konon, warna merah adalah simbol keberuntungan di sana

3. Memakai Celana Dalam Merah (Italia dan Argentina)

Tradisi unik lainnya datang dari Italia dan Argentina. Kedua negara ini memiliki kebiasaan unik yang sama saat tahun baru.

Penduduknya akan memakai celana dalam berwarna merah. Mereka percaya, celana dalam berwarna merah bisa memberi peruntungan dalam hubungan asmara.

4. Makan 12 Butir Anggur (Spanyol)

Jika mencari perayaan malam tahun baru yang bisa memanjakan lidahmu, maka Spanyol jadi salah satunya. Di negara ini, ada tradisi memakan 12 butir anggur yang harus disantap tepat saat 12 detik pergantian tahun.

Angka 12 dianggap mewakili jumlah bulan dalam satu tahun. Jika kamu nggak mampu menghabiskannya, maka akan dianggap sial. Sementara jika berhasil, maka kamu akan mendapat keberuntungan.

5. Membakar Boneka (Colombia)

Satu lagi perayaan unik saat malam tahun baru ialah membakar boneka di Colombia. Bukan sembarang boneka, mainan itu dibuat semirip mungkin oleh orang yang tak kamu sukai atau mereka yang telah meninggal dunia.

Makna dari membakar boneka ini adalah untuk melupakan masalalu pahit dan orang-orang yang pernah menyakiti kita. Hmm, unik banget ya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini