Gak Banyak yang Tahu! Ini 6 Manfaat Makan Menggunakan Tangan Kosong

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Makan menggunakan tangan sudah menjadi kebiasaan umum bagi sebagian masyarakat Indonesia. Apalagi jika mkanannya coock untuk dimakan dengan tangan, seperti ikan dengan sambal.

Budaya makan menggunakan tangan ini sudah ada sejak dulu. Tapi kini banyak orang yang sudah tidak menerapkannya karena dianggap jorok dan. Padahal jika cuci tangan dengan sabun terlebih dahulu sebelum makan, cara makan tradisional ini bisa memberikan banyak manfaat, loh!

Apa aja ya manfaatnya? Yuk, simak!

1. Menyalurkan unsur sensor sensorik

Setiap anggota tubuh akan menjadi lebih aktif saat kita makan. Kenapa? Karena adanya pergerakan pada jari-jari tangan yang digunakan untuk makan.

Masing-masing jari tangan merupakan perwakilan dari lima elemen meditasi. Untuk ibu jari berhubungan dengan ruang kosong, jari telunjuk berhubungan dengan udara, jari tengah berhubungan dengan api, jari manis berhubungan dengan air, dan jari kelingking berhubungan dengan bumi.

Nah, adanya stimulasi indera inilah yang bisa bikin kita jadi lebih sadar akan rasa, tekstur, dan aroma makanan. Nggak heran kalau makan pakai tangan terasa lebih enak.

2. Mengurangi risiko diabetes tipe 2

Kamu sadar nggak, kalau makan menggunakan sendok dan garpu cenderung akan membuat proses makanmu lebih cepat? Yup, kondisi ini bisa meningkatkan ketidaksamaan gula darah dalam tubuh, yang brujung pada meningkatnya risiko terserang diabetes tipe 2.

Orang yang ngunyahnya terburu-buru akan berisiko 2,5 kali lebih mungkin menderita diabetes tipe 2 daripada orang-orang yang mengunyahnya lebih santai. Saat makan menggunakan tangan, kita biasanya akan memasukkan makanan lebih seidkit ke dalam mulut, dan makan lebih lambat.

3. Makan lebih fokus

Biasanya kita sering banget nggak fokus sama makanan kalau kita makan menggunakan alat. Seperti menonton TV atau bermain ponsel. Secara nggak sadar, hal ini membuatmu akan makan lebih banyak dari yang seharusnya.

Hati-hati ya, kebiasaan tersebut secara nggak langsung bisa bikin kamu obesitas! Makan sampai kenyang dengan cepat bisa meningkatkan risiko obesitas seseorang.

Beda lagi kalau kamu makan menggunakan tangan. Kamu akan lebih menaruh fokus pada makananmu dan akan sadar seberapa banyak makanan yang kita konsumsi. Makan pakai tangan juga nggak akan bikin kamu melakukan kegiatan

4. Menjadi sensor suhu

Jika kamu makan pakai sendok atau garpu, kamu akan langsung memasukkan makananmu ke dalam mulut tanpa mengetahui suhu atau teksturnya. Makanya, makan menggunakan tangan sangat bermanfaat untuk mencegah rasa terbakar pada mulut atau lidah.

Saat makan pakai tangan, ujung saraf di jari akan merasakan suhu makanan terlebih dahulu, sehingga mencegah rasa terbakar pada rongga mulut. Hal ini juga memicu pelepasan enzim pencernaan dan zat-zat yang tepat untuk membantu kamu mencicipi makanan dengan lebih baik.

5. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Kamu tahu nggak, kalau di jari dan telapak tangan kita itu ada bakteri baik dan bakteri jahat? Bakteri baik akan melindungi kita dari virus berbahaya serta menjaga kesehatan mulut, tenggorokkan, usus, dan sistem pencernaan.

Hal yang sangat disayangkan jika kamu makan menggunakan alat makan, bakteri baik yang ada di telapak dan jari tanganmu nggak akan sampa ke usus. Lain halnya jika kita makan menggunakan tangan, bakteri baik itu akan masuk ke dalam mulut, ditelan, dan masuk ke dalam tubuh.

Adanya proses ini bisa membantu memperbaiki pencernaan dan mencegah penumpukan bakteri berbaya di usus. Nggak cuma itu, saat kita menyentuh makanannya, muncullah sinyal yang dikirim ke pikiran untuk melepaskan cairan pencernaan dan enzim.

6. Lebih bersih

Banyak orang yang berpikiran jika makan pakai tangan akan lebih jorok. Nyatanya, makan menggunakan tangan kosong justru lebih higienis daripada menggunakan alat makan, loh!

Hal ini disebabkan karena peralatan makanan hanya dicuci satu kali, sementara kamu bisa mencuci tangan beberapa kali dalam sehari. Kita juga nggak tahu bagaimana kuman menempel pada alat makan yang sebelumnya disimpan.

Bakteri baik yang ada di tangan akan dipertahankan dan tubuh akan mendapat perlindungan dari bakteri berbahaya. Dengan catatan, jangan lupa cuci tangan dengan sabun sebelum makan ya! Supaya bakteri baiknya bisa menjaga kesehatan pencernaanmu. (Dinda)

Berita Terbaru

Program AMANAH Kembangkan SDM Muda Kelola Potensi Kekayaan Aceh

Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mampu mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda di Tanah Rencong...
- Advertisement -

Baca berita yang ini