Ilustrasi Make Up ala Korea (Foto: beautytap)

MINEWS, JAKARTA – Riasan ala Korea saat ini sedang tren di kalangan wanita Indonesia. Tampilan artis Korea yang fresh namun tetap natural ini memang cocok diaplikasikan pada wajah Asia.

Dengan pengaplikasiannya yang ringan, make up ini bisa digunakan sehari-hari. Kamu bisa terlihat cantik dengan riasan yang natural, baik untuk sehari-hari ataupun ke acara formal. Make up ala Korea juga membuatmu tampak lebih muda.

Namun masih banyak orang yang kesulitan untukmengaplikasikannya. Nah, buat kamu yang tertarik untuk belajar make up Korean-look, berikut ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan:

1. Pelembab

Hal dasar yang harus kamu lakukan adalah, lakukan perawatan wajah terlebih dahulu, misalnya dengan memakai pelembab. Selain pelembab, orang Korea juga biasanya mengaplikasikan toner dan serum sebelum berias agar kulit wajah tetap terjaga kesehatannya.

Ada baiknya dalam penggunaan pelembab, sesuaikan dengan tipe wajahmu agar make up terlihat natural dan sempurna saat diaplikasikan. Salah satu andalah make up ala Korea adalah kulit yang glowing dan tampak sehat.

2. BB Cream atau BB Cushion

Langkah pertama untuk mendapatkan Korean look adalah dengan mengaplikasikan BB Cream atau BB Cushion ke wajah. BB Cream ini merupakan base yang tepat untuk mendapatkan hasil tampilan wajah yang natural karena ringan dan memberikan coverage yang baik.

Aplikasikan BB Cream ke seluruh wajah, area mata, dan leher. Lalu ratakan dengan beauty sponge atau beauty blender.

Kamu juga bisa menggunakan BB Cushion sebagai alternatif lain. Cushion bisa digunakan karena lebih ringan dan didesain untuk look yang dewy dan glowing. Hindari pula contouring agar hasilnya lebih halus dan natural.

3. Concealer

Selanjutnya adalah concealer. Jiika wajahmu banyak noda hitam yang belum tertutup oleh BB Cream, kamu bisa gunakan concealer di bagian wajahmu yang tampak hitam.

Oleskan concealer pada sponge, kemudian tepuk-tepuk secara halus di bagian wajah yang terdapat noda hitam. Dengan begitu, concealer bisa merata dengan baik dan memberikan coverage yang sempurna.

4. Bedak

Setelah tercover dengan sempurna, set make up dengan bedak. Untuk cara make up ala Korea yang natural, penggunaan loose powder sangat direkomendasikan karena teksturnya yang ringan.

Selain itu, bedak tabur juga membuat make up lebih tahan lama. Aplikasikan bedak ke seluruh wajah, kecuali pipi, untuk hasil yang dewy dan fresh.

Bubuhkan pula highlighter di tulang pipi, dagu, dan area sekitar bawah mata. Supaya terlihat lebih dewy, semprotkan facial mist setelah seluruh make up selesai diaplikasikan lalu biarkan meresap secara natural.

5. Alis yang natural

Lanjut ke daerah mata. Salah satu ciri khas make up Korea terletak pada alis matanya. Alis ala Korea bentuknya lurus dengan warna yang natural.

Kamu bisa gunakan brush untuk merapikan alis, lalu gunakan pensil alis yang warnanya nggak begitu pekat.

Saat menggambar alis, pastikan kamu mengikuti garis alis agar hasil naturalnya lebih maksimal. Setelah selesai, sikat kembali alis dengan brush untuk meratakan pensil alis.

6. Eyeshadow

Agar mata terlihat lebih segar, gunakan eyeshadow. Pilih eyeshadow yang berwarna kuning kecoklatan agar terlihat natural di kulit.

Aplikasikan eyeshadow dengan jari. Ratakan pada bagian kelopak, bawah mata, dan bagian ujung mata. Untuk bagian ujung mata, gunakan eyeshadow dari arah luar ke dalam.

7. Eyeliner

Cara pengaplikasian eyeliner ala Korea agak berbeda, karena tidak dibuat berlebihan. Cukup gunakan tipis-tipis di dekat garis mata kelopak.

Buat garis eyeliner tipis sedekat mungkin dengan akar bulu mata. Gunakan eyeliner berwarna coklat agar warnanya terlihat lebih natural. Catatan lagi, jangan dibuat cat eye ya!

8. Mascara

Bulu mata juga perlu diperhatikanuntuk make up ala Korea ini. Caranya sama seperti make up kebanyakan, jepit terlebih dahulu bulu mata dengan culer, lalu aplikasikan mascaranya, deh!

Oh iya, dengan penggunaan mascara yang tepat bisa membuat mata menjadi lebih besar dan segar, loh. Cocok untuk bentuk mata orang Asia Timur yang kecil dan monolid.

9. Blush on

Ingat, make up Korea itu anti banget sama heavy contouring karena dianggap dapat membuat wajah terlihat lebih tua. Makanya, dibandingkan pakai blush on pink, gunakan blush on berwarna orange atau peach.

Penggunaan blush on warna ini bisa memberi tampilan kulit wajah yang tampak lebih segar.

10. Liptint

Step teraakhir adalah mengaplikasikan liptint sebagai perona bibir. Penggunaan lipstik pada make up Korea tampak berbeda. Biasanya cara pengaplikasiannya adalah dengan membuat warnanya menjadi ombre atau gradasi.

Gunakan dua warna lipstik, yaitu warna kulit dan warna terang. Aplikasikan warna kulit untuk di bagian pinggir bibir, lalu warna terang untuk bagian dalam bibir. Dengan begitu, sempurna sudah make up ala Koreamu! (Dinda)