Fokus Solo Karir, Ini 10 Bukti Lay “Zhang Yixing” Setia kepada EXO dan EXO-L

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Masalah politik antara China dan Korea Selatan, membuat Lay EXO beraktivitas tanpa anggota membernya. Sudah beberapa tahun terakhir, Lay memfokuskan diri untuk bersolo karir.

Seperti diketahui, hubungan antara China dan Korea Selatan tegang sejak Amerika Serikat menempatkan sistem pertahanan rudal Terminal High-Altitude Area Defense (THAAD) di Korea Selatan pada 2016. Pemasangan rudal tersebut ditentang China.

Sejak saat itu, tidak ada musisi besar Korsel yang pernah tampil di China dan promotor tidak pernah mengundang artis Korea selama beberapa tahun karena persepsi bahwa pemerintah akan menolak aplikasi visa mereka. Aktivitas Lay bersama EXO pun kena dampaknya.

Meskipun Lay menghabiskan banyak waktunya di Tiongkok untuk mengerjakan karir solonya, Lay EXO masih menjadi bagian dari grup. Kadang-kadang EXO-L merasa khawatir bahwa dia akan memutuskan untuk meninggalkan EXO tetapi Lay tidak pernah menunjukkan keinginan untuk melakukan itu.

Pemilik nama asli Zhang Yixing ini telah membuktikan berkali-kali betapa pentingnya EXO dan EXO-L baginya. Simak beberapa momen berikut ini:

1. Mengajar Den Chao “Call Me Baby”

Ketika Lay bertemu dengan Den Chao dalam sebuah episode Running Man China, dia dalam bahaya akan tersingkir dari permainan. Saat keduanya dengan hati-hati melingkari satu sama lain, Lay tiba-tiba berkata, “Call Me Baby.”

Den Chao tampak sedikit bingung dengan ekspresi tiba-tiba dan bercanda mulai menyanyikan kata-kata dengan cara yang berbeda. Pada titik ini Lay menghentikannya dan mengajarinya cara yang tepat untuk menyanyikan lagu EXO. Dia terus bernyanyi sampai Den Chao bisa bernyanyi bersamanya! Jika itu tidak membuktikan bahwa dia mencintai kelompoknya, lalu apa?

2. Menangis saat showcase “Sing For You”

Pada showcase “Song For You” grup, Lay berbicara tentang tahun yang sulit bagi grup. Dia telah banyak melakukan promosi di China dan merasa sangat kasihan kepada sesama anggota.

Momen itu penuh dengan emosi bagi Lay. Setelah memberi tahu para member bahwa dia mencintai mereka dan bahwa dia akan selalu menjadi milik EXO, dia tidak bisa menahan air matanya.

Akhirnya Lay perlu turun dari panggung untuk beberapa saat dan Baekhyun mengambil alih dan berkata bahwa mereka semua sangat mencintai Lay juga!

3. Musik favorit Lay

Cara tercepat untuk mengetahui bahwa Lay masih menjadi bagian dari EXO dan setia kepada grup adalah dengan bertanya kepadanya apa musik favoritnya. Di masa lalu, Lay telah menyatakan musik favoritnya adalah grupnya. Dia bahkan menyebutkan bahwa dia membuat playlist dari semua lagu EXO yang sering dia dengarkan!

4. Wawancara Sohu TV-nya

Selama wawancara dengan Sohu TV, Lay bisa mengungkapkan perasaannya kepada anggotanya dan berbicara tentang betapa dia merindukan mereka semua.

Lay juga bisa menjelaskan dengan kata-kata apa arti EXO baginya. Mereka adalah sumber ketekunan dan semacam sentimen khusus baginya. Sangat jelas dari wawancara ini bahwa dia selalu memikirkan EXO.

5. Promosinya di acara “Go Fighting”

Lay akan selalu mengambil kesempatan untuk mempromosikan grupnya sendiri. Misalnya di salah satu episode Go Fighting, Lay bertanya kepada dua pria apakah mereka mengenal EXO. Ketika mereka merespon secara positif, wajah Lay menjadi cerah dan dia sangat bersemangat untuk bertemu dengan orang-orang yang mengenal grupnya.

Kedua pria itu juga memberinya makanan dan Lay tidak bisa tidak berpikir itu ada hubungannya dengan kekuatan EXO!

6. Bertemu dengan EXO-CBX

Ketika EXO-CBX merekam sebelumnya untuk penampilan “Blooming Day” mereka di Inkigayo, Lay membuat penampilan yang sangat spesial. Para lelaki itu menggoda bahwa ada seseorang yang istimewa di sana dan ketika Lay naik ke atas panggung untuk bergabung dengan Chen, Baekhyun, dan Xiumin.

EXO-L tidak dapat menahan air mata mereka. Setelah melihat betapa bahagianya mereka, Lay angkat bicara dan memberikan penghiburan ekstra kepada mereka, “Cheer EXO, CBX, Lay. Kita semua sama! Kita adalah satu!”

7. Pidatonya di Tencent Video Star Award

Pada 2017, Lay memenangkan “Album of the Year Award” di Tencent Video Star Awards. Sementara penghargaan atas prestasinya sebagai artis solo, ia berterima kasih kepada sesama anggota! Selain itu, dia juga mengungkapkan betapa dia merindukan mereka dan memberikan teriakan khusus kepada semua penggemarnya. Manis sekali!

8. Lagu spesialnya untuk EXO dan EXO-L

Lagu ‘Promise’ diciptakan oleh Lay dan ditulis oleh Chanyeol dan Chen. Pesan yang terdapat dalam lagu itu pun jelas, yakni ungkapan terima kasih yang secara emosional mengekspresikan rasa bersyukur terhadap EXO-L.

Salah satu penggalan lirik: “Meski sulit dan lelah, meski hatiku teramat sakit, aku akan kembali lagi ke atas panggung. Akan kukumpulkan kekuatanku lagi, untukmu, yang masih setia menunggu.”

9. Gunakan foto member EXO sebagai wallpaper handphone-nya

Di sebuah program survival show China untuk penulis lagu yang tayang di iQiyi dengan judul CZR II, Lay ini tiba-tiba mengungkap hubungannya dengan para member EXO. Lay tiba-tiba mengeluarkan ponselnya dan menunjukkan pada para kontestan kalau foto EXO terpampang sebagai wallpaper di handphone-nya.

“Wow, itu jadi background ponselmu,” kata salah satu kontestan wanita. “Ya, foto lockscreen-ku juga mereka,” kata Lay bangga, yang kemudian menunjukkan foto tersebut kepada Che Che, produser acara.

10. Masih sering kumpul bareng EXO

Buta para penggemar EXO, EXO-l, pasti tahu Lay memang sering menunjukkan kedekatannya dengan para personel EXO. Seperti saat Xiumin berangkat wajib militer, Lay EXO memberikan video ucapan perpisahan yang kemudian diputar di fanmeeting terakhirnya.

Lay bahkan terbang ke Korea Selatan, Juli 2019 lalu untuk mengantar D.O menjalani kewajiban wamilnya. Ketika sang leader, Suho wamil pun, Lay Zhang juga mengunggah foto member EXO di Instastory-nya sebagai salam perpisahan.

View this post on Instagram

19.07.01 WE ARE ONE! EXO 사랑하자!

A post shared by SUHO (@kimjuncotton) on

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini