Film ini yang Mengangkat Cerita Pelarian Warga Korut ke Korea Selatan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Hubungan antara Korea Selatan dengan Korea Utara memang tidak pernah harmonis sejak dulu. Banyak film dan drama yang mengangkat cerita dari kedua negara ini.

Karena konflik yang dialami oleh Korea Utara dan Korea Selatan ini ternyata mendapat banyak perhatian di kalangan industri film terutama di Korea Selatan.

Simak, yuk, beberapa filmnya:

1. Doctor Stranger (2014)

Drama korea yang dibintangi oleh Lee Jong-suk, Jin Se-yeon, Park Hae-jin, dan Kang Sora ini menceritakan kehidupan Park Hoon yang diperankan oleh Lee Jong-suk. Sejak kecil, Park Hoon dan ayahnya Park Cheol ditipu dan dikirim ke Korea Utara.

Selama di Korea Utara Park Hoon dilatih menjadi ahli bedah oleh ayahnya yang seorang dokter. Kemudian, Park Hoon menjadi seorang ahli bedah torakalis yang cerdas. Park Hoon bertemu dan jatuh cinta dengan Song Jae Hee (Jin se-yeon). Setelah ayahnya meninggal, ia mencoba melarikan diri ke Korea Selatan bersama Jae Hee. Namun, ia kehilangan kontak dengan Jae Hee dan memutuskan untuk pergi sendiri ke Korea Selatan sambil mencari Jae Hee. Saat di salah satu rumah sakit di Korea Selatan ia bertemu dengan seorang wanita yang mirip dengan Jae Hee.

2. Confidential Assignment (2017)

Film garapan CJ Entertaimen yang berasal dari Korea Selatan ini mengisahkan seorang detektif sekaligus perwira dari Korea Utara yang bernama Chul-Ryung (Hyun-bin). Ia mendapat tugas untuk menyelidiki sebuah gedung yang mencetak uang palsu.

Saat penyergapan berlangsung, terjadi baku tembak di mana timnya terkena tembakan dan terbunuh dan Chul-Ryung juga mendapatkan tembakan. Pejabat Korea Utara mengetahui bahwa sang mafia, Cha Ki-sung, melarikan diri ke Korea Selatan dengan membawa kabur plat master yang digunakan untuk mencetak uang.

3. Crash Landing On You (2019)

Drama korea yang pernah booming di Indonesia ini mengisahkan tentang seorang pengusaha wanita dari Korea Selatan yang bernama Yoon Se-ri (Son Ye-jin) yang tak sengaja tersesat di wilayah Korea Utara bagian perbatasan. Ia bertemu dengan seorang kapten tentara bernama Ri Jung-hyuk (Hyun-bin).

Kapten Ri bersama anak buahnya berusaha mengembalikan Yoon Se-ri ke Korea Selatan secara diam-diam demi menghindari masalah diantara kedua negara tersebut. Namun usahanya menjadi rumit karena campur tangan keluarga Kapten Ri. Kapten Ri kemudian ikut Yoon Se-ri ke Korea Selatan dan menyamar sebagai bodyguard-nya agar tidak ketahuan identitas nya.

4. Camp 14: Total Control Zone (2012)

Film yang diangkat dari kisah nyata dari Shin Dong Hyuk ini digarap oleh sutradara asal Jerman, Marc Wiese. Film ini merupakan dokumenter biografi dari Shin Dong Hyuk yang merupakan seorang tahanan politik dari daerah pengasingan Korea Utara.

Menceritakan seorang Dong Hyuk yang menderita penganiayaan dan penyiksaan selama menjadi tahanan.
Lalu, pada saat ia berumur 23 tahun ia melarikan diri ke Korea Selatan.

Reporter: Laita Nur Azahra

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Harga Daging Sapi di Bantul mulai Turun, Ini yang jadi Penyebabnya

Mata Indonesia, Bantul - Setelah Lebaran, harga daging sapi di Bantul mulai mengalami penurunan secara perlahan. Nur Wijaya, Lurah Pasar Niten, membenarkan hal tersebut dengan mengatakan bahwa pada 15-16 April 2024, harga daging sapi sudah stabil.
- Advertisement -

Baca berita yang ini