Fakta Menarik ‘Gangnam Styles’ yang Bikin Gempar Dunia 8 Tahun Lalu

Baca Juga

MATA INDONEISA, JAKARTA – Masih ingat lagu ‘Gangnam Style’ yang dipopulerkan oleh PSY? Hari ini, Rabu 15 Juli 2020, tepat 8 tahun lagu yang pernah menghebohkan dunia itu dirilis.

Liriknya yang berbunyi “Oppa Gangnam Style!” pasti tak asing lagi di telinga Kamu. Apalagi, tarian ala kuda-kudaannya langsung viral dan mendunia.

Nama judul “Gangnam Style” nya itu sendiri diambil dari sebuah istilah yang digunakan oleh orang Korea Selatan sebagai gambaran high-end style (atau gaya hidup mewah di Gangnam) – Gangnam adalah nama salah satu daerah yang paling elit di negara tersebut.

BACA jUGA: Kisah Influencer Kang Nara, Pembelot yang Hobi Dandan dan Sembunyi dari Patroli Korea Utara

Banyak prestasi yang diraih oleh PSY ketika merilis lagu ‘Gangnam Style’. Penasaran? Cekidot!

1. Masuk Billboard Chart

Gangnam style adalah dance pop single yang dirilis tahun 2012 yang ditulis dan diperform oleh Park Jae Sung (atau PSY, nama panggungnya), popstar asal Korea Selatan.

Tidak lama setelah dirilis, lagunya langsung jadi terkenal dan masuk ke semua billboard chart di Korea, portal search sites dan online music store.

2. Artis Korea pertama capai 3,5 miliar penonton YouTube

Video klipnya di Youtube bahkan sudah dilihat lebih dari 3,9 miliar orang. Per Januari 2020 lalu, jumlah viewers ini menjadikan PSY sebagai artis Korea pertama yang mencapai 3,5 miliar penonton.

Gangnam Style PSY bahkan juga menjadi video musik nomor enam yang paling banyak ditonton di Youtube sepanjang masa. Video PSY ini menempatkannya sejajar dengan video Daddy Yankee, Ed Sheeran, Taylor Swift, Charlie Puth, dan penyanyi dunia lainnya dalam peringkat tampilan Youtube.

Lagunya di post di Youtube pada tanggal 15 Juli dan mendapat sekitar 100 juta view 50 hari setelahnya. Pada tanggal 3 Oktober 2012, musik video tersebut telah menerima sebanyak 350 juta view.

BACA JUGA: Tahu Gak? K-Pop Itu Dipengaruhi Musisi Indonesia, Elfa Secioria

Oleh karena itu “Gangnam Style” yang dinilai lucu dan konyol ini telah menjadi lagu K-Pop yang paling banyak ditonton orang di Youtube.

3. Tarian ‘Kuda-kudaan’ fenomenal

Pada masanya, lagu ‘Gangnam Style’ pernah menjadi viral. Bahkan, tarian khas ‘Gangnam Style’ ditiru oleh banyak orang, termasuk selebritis papan atas dunia.

Video ini juga telah di share di internet oleh selebriti dunia seperti Tom Cruise, T-Pain, Katy Perry dan Britney Spears, di covered oleh musik artis Maroon 5 dan Nelly Furtado.

Kabar kesuksesan ‘Gangnam Style’ yang dibawakan PSY juga disorot media asing seperti Financial Times, Wall street Journal, Harvard Business Review, CNN International, dan majalah global politik Foreign Policy.

4. Cetak rekor dunia

Pada tanggal 20 September 2012, “Gangnam Style” nya PSY akhirnya terdaftar oleh Guinness World Records sebagai video yang paling banyak di “Liked” di sepanjang sejarah Youtube. PSY merupakan artis pertama di Korea yang lagunya banyak disukai oleh masyarakat luas di Amerika.

5. PSY ajarkan Britney Spears joget ‘Gangnam Styles’

Rapper yang berumur 34 tahun ini juga mengajar Britney Spears bagaimana cara untuk melakukan gaya dansa kuda-kudanya yang terkenal itu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini