Fakta dan Manfaat Daun Sungkai, Diklaim Bisa Obati Covid-19

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Gubernur Jambi Fachrori Umar secara mengejutkan menyatakan pihaknya tengah meneliti khasiat daun sungkai yang diklaim dapat menyembuhkan infeksi Covid-19. Meskipun, hingga kini belum ada satupun obat yang pasti untuk penanganan virus tersebut.

Daun sungkai atau penorema canecens adalah tanaman asli Pulau Kalimantan. Daun ini juga tumbuh di wilayah Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu dan beberapa ditemukan di Jawa Barat.

Tumbuhan sungkai merupakan tanaman kayu=kayuan yang bisa mencapai tinggi 20 hingga 30 meter. Tanaman ini biasanya tumbuh di hutan sekunder pada berbagai jenis tanah.

Kecenderungannya, sungkai tumbuh di daerah tropis bercurah hujan A hingga C, terutama pada tanah yang cukup mengandung air, seperti tepi sungai atau lahan yang secara bermusiman digenangi air tawar.

Manfaat Sungkai

Daun sungkai muda sering digunakan oleh masyarakat sebagai obat tradisional ketika anak-anak sedang mengalami demam, sakit kepala, sakit gigi atau masalh jamur pada kulit, seperti panu.

Sejumlah penelitian menunjukkan, daun sungkai memiliki kandungan antipiretik. Artinya, daun ini sangat berkhasiat untuk menurunkan suhu badan dan sakit kepala yang berat.

Rebusan daun muda sungkai juga dipercaya berkhasiat untuk memperlancar haid pada perempuan dan membantu tingkat kesuburan rahim wanita.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Harga Daging Sapi di Bantul mulai Turun, Ini yang jadi Penyebabnya

Mata Indonesia, Bantul - Setelah Lebaran, harga daging sapi di Bantul mulai mengalami penurunan secara perlahan. Nur Wijaya, Lurah Pasar Niten, membenarkan hal tersebut dengan mengatakan bahwa pada 15-16 April 2024, harga daging sapi sudah stabil.
- Advertisement -

Baca berita yang ini