Enggak Mau Jerawatan? Hindari Kebiasan Ini ya!

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Ada beberapa faktor yang menyebabkan timbulnya  jerawat, di antaranya karena pori-pori tersumbat, perubahan hormon, dan kebiasaan merokok.

Selain tiga faktor di atas, ada faktor lain yang juga menyebabkan timbulnya jerawat. Dilansir dari laman Boldsky, berikut kebiasaan yang sering dilakukan dan tanpa disadari dapat menyebabkan jerawat.

Pemicu munculnya jerawat memang banyak, tidak hanya dari hormon atau penggunaan produk kecantikan yang tidak cocok, tetapi bisa dari rutinitas kita sehari-hari yang mungkin tidak kita sadari atau kita anggap sepele.

1. Merokok

Ahli dermatologis kecantikan, Jeanine Downie, M.D menjelaskan, tidak hanya buruk untuk kesehatan dan bisa menyebabkan kanker, rokok yang dihirup juga mengurangi jumlah oksigen yang masuk ke kulit wajah, sehingga menyebabkan kerusakan kolagen dan elastin, sehingga kerutan muncul dan kulit wajah kehilangan elastisitasnya. Asap rokok juga bisa membuat kulit wajah menjadi iritasi, masuk ke pori-pori, dan memicu produksi minyak berlebih yang membuat jerawat muncul.

2. Stress

Dilansir dari laman Healthline, stres memang tidak langsung menyebabkan jerawat muncul, tapi untuk beberapa orang yang sudah memiliki masalah dengan jerawat, stres akan memperburuk jerawat yang muncul. Beberapa penelitian yang dipublikasikan oleh Jama Network menjelaskan, penyembuhan luka atau jerawat yang ada di kulit akan lebih lama ketika seseorang sedang stres dibandingkan yang tidak stres.

3. Kurang tidur

Kurang tidur tidak hanya membuat kita tidak bersemangat beraktivitas di pagi hari, melainkan juga bisa menyebabkan jerawat. Ahli dermatologis Joshua Zeichner, M.D menjelaskan, saat tidur adalah perbaikan dan kadar kortisol menurun. Jika tidak cukup tidur, kortisol akan meningkat yang bisa memicu timbulnya jerawat. Hormon koristol ini mengikat kelenjar minyak, jika kadar hormon koristol tinggi maka kelenjar minyak akan bekerja berlebihan dan menyebabkan jerawat.

4. Menyentuh jerawat dengan tangan

Buat kalian yang sering menyentuh wajah dengan tangan, khususnya memencet jerawat atau komedo sebaiknya jangan diteruskan ya. Kita tidak tahu berapa banyak kuman di tangan kita, kalau menyentuh wajah sembarangan maka kuman di tangan juga akan pindah ke wajah.

5. Keringat yang menempel terlalu lama di wajah

Kalian yang gemar olahraga setiap hari, pastikan selesai olahraga langsung mandi dan tidak membiarkan keringat terlalu lama di kulit ya, karena jerawat akan muncul, terutama di area punggung atau dada.

AAD atau American Academy of Dermatology menyarankan untuk tidak menggunakan makeup saat olahraga karena bisa menyumbat pori-pori ketika berkeringat. Gunakan handuk bersih untuk mengeringkan keringat dan pastikan mandi dengan bersih setelahnya, supaya kotoran dan debu tidak bertahan lama di kulit.

6. Tidak rutin mengganti sarung bantal

Kita tidak tahu pasti seberapa kotor atau banyaknya kuman di sarung bantal kita. Sarung bantal yang kotor bisa menyebabkan jerawat pada kulit wajah yang rentan berjerawat. Lian Mack, M.D ahli dermatologis dari New York menjelaskan, sel kulit mati, minyak, bakteri yang menumpuk di permukaan sarung bantal menjadi faktor utama pemicu jerawat.

Dilansir dari laman Instyle, mengganti sarung bantal bisa dilakukan seminggu 2-3 hari. Ia juga merekomendasikan sarung bantal dengan bahan satin atau sutra, karena bisa mengurangi gesekan dengan kulit, khususnya untuk kulit wajah sensitif.

7. Makan makanan pedas

Makanan pedas telah terbukti berbahaya bagi kesehatan kulit. Mengonsumsi makanan pedas dapat memengaruhi keseimbangan pH kulit dan akan menyebabkan jerawat

8. Kandungan dari produk kosmetik

Penting memperhatikan kandungan dari produk kecantikan yang kita gunakan, dan pastikan sesuai dengan kondisi kulit kita. Kalau kulit kamu sensitif, hindari dari kandungan fragrance karena bisa memicu iritasi dan jerawat. Kandungan mineral oil, coconut oil yang beberapa ditemukan pada produk kecantikan, bisa menyumbat pori-pori, sehingga jerawat dan komedo pun muncul.

Reporter : Firda Padila

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini