Empat Lukisan Van Gogh yang Menggemparkan Dunia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Vincent van Gogh boleh dibilang sebagai salah satu pelukis terbesar yang karya-karyanya masih disanjungi hingga saat ini.

Pelukis kelahiran Belanda ini konon telah menciptakan ribuan karya lukisan yang kini diabadikan di dalam Museum Van Gogh, Amsterdam, Belanda.

Di antara ribuan lukisan Van Gogh, empat di antaranya pernah menggemparkan dunia karena dianggap sebagai sebuah seni dengan level melangit. Berikut, empat lukisan terbaik Van Gogh.

Starry Night

Starry Night
Starry Night

Van Gogh yang masuk ke dalam rumah sakit jiwa di Saint Remy de Provence, masih sempat melukis sebuah karya fenomenal hanya dengan bahan seadanya. Lukisan bernama Starry Night ini diciptakan pada Juni 1889. Lukisan ini menggambarkan pemandangan arah timur dari jendela ruangan Van Gogh. Lukisan ini disimpan di Museum of Modern Art, New York.

The Potato Eaters

The Potato Eaters

Lukisan yang diciptakan pada April 1885 di Nuenen, Belanda ini menampilkan kehidupan petani yang suram pada masa itu. Van Gogh berupaya menyajikan potret petani sebagaimana adanya, makan dengan tangan kosong yang dipakai untuk mengerjakan lahan dengan wajah lusuh dan kasar. Bagi Van Gogh, ini adalah lukisan terbaik yang pernah diciptakannya.

Iris

Iris
Iris

Ia melukis Iris tepat satu tahun sebelum kematiannya, pada 1889. Lukisan ini diciptakan Van Gogh sebagai pendorong baginya agar tak merasa gila lagi. Pada 1987, lukisan ini dijual seharga 53,9 juta dolar AS, dan memecahkan rekor sebagai lukisan termahal yang pernah dilelang.

Potrait of Dr. Gachet

Potrait of Dr Gachet

Paul Ferdinand Gachet adalah dokter yang merawat Van Gogh selama ia tengah sekarat di masa-masa akhir hidupnya. Bagi Van Gogh, lukisan ini adalah yang paling ia hormati, melambangkan jasa dan ketulusan manusia.

 

 

 

1 KOMENTAR

  1. Saya penggemar lukisan Vincent van Gogh, dia pernah bilang: “Puisi mengelilingi kita di mana saja, tapi menaruhnya di atas kertas, celakanya, tidak semudah seperti melihatnya. Saya memimpikan lukisan saya, dan saya melukis impian saya. Menjadi spiritual adalah menjadi hormat akan misteri agung kehidupan dan melihat jejak jejari sang Mahakuasa dalam hal-hal yang sangat biasa”

    Saya mencoba menulis blog tentang dia , semoga anda suka: http://stenote-berkata.blogspot.com/2017/11/wawancara-dengan-vincent.html

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini