Emangnya Bener Ya, Kopi Bisa Lawan Obesitas?

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Ada yang bilang, khasiat kopi bukan hanya sekadar untuk melawan kantuk dan menambah energi saat menjalani aktivitas. Lebih dari itu, kopi bisa melawan dan menurunkan risiko obesitas. Benarkah?

Hal ini coba dibuktikan oleh para peneliti dari University of Nottingham Inggris. Hasil penelitian mereka menunjukkan adanya stimulasi endapan lemak dalam tubuh saat seseorang menyeruput kopi.

Para peneliti sampai pada kesimpulan, kopi adalah lawan alami obesitas. Mereka mencoba mengamati lebih jauh efek kopi pada orang dewasa, terutama dampaknya pada kandungan brown fat atau lemak cokelat dalam tubuh.

Sebagai informasi, lemak cokelat mempengaruhi seberapa cepat tubuh membakar kalori dan menyerapnya jadi energi. Sedangkan, lemak putih berperan menyimpan kalori berlebih.

Orang-orang dengan Indeks Massa Tubuh rendah dipengaruhi oleh persentase lemak cokelat yang terlalu banyak mengendap dalam tubuh. Semakin banyak kadar lemak coklat maka semakin lambat proses penyerapan nutrisi dalam tubuh.

Penelitian ini dipublikasi dalam jurnal Scientific Reports, yang dipimpin Profesor Michael Symonds dari School of Medicine di University of Nottingham.

Ia berkata, lemak cokelat bekerja dengan cara yang berbeda dengan lemak biasa. Lemak ini menghasilkan panas dan membakar gula serta lemak yang mengendap dalam tubuh. Meningkatnya aktivitas lemak cokelat yang dipengaruhi kopi akan meningkatkan kontrol gula darah serta kadar lemak darah.

Symonds juga menjelaskan jika lemak membakar kalori dengan efisien maka akan berpengaruh juga pada menurunnya berat badan. Aktivitas ini bisa dimaksimalkan dengan konsumsi segelas kopi setiap harinya.

“Ini adalah studi pertama pada manusia untuk menunjukkan bahwa secangkir kopi dapat memiliki efek langsung pada fungsi lemak cokelat dalam tubuh,” kata Symonds.

 

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini