Eitsss! Susu Basi Jangan Dibuang, Coba Manfaatkan dengan 4 Cara Ini

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA - Apa yang kamu lakukan, jika kamu menemukan susu yang sudah basi di atas meja makanmu, atau di dalam kulkas? Biasanya, orang cenderung membuang susu basi itu, padahal ternyata masih bisa dimanfaatkan untuk hal-hal lain lho!

Ya, orang cenderung jijik melihat perubahan warna pada susu basi, termasuk perubahan tekstur menjadi lebih kental dan berlendir. Tapi sebenarnya, meskipun basi, bukan berarti susu itu tak bisa dimanfaatkan.

Coba deh, lakukan 5 cara ini agar susu basi bisa bermanfaat, tanpa harus dibuang.

1. Mengempukkan Daging

Karena kandungan asamnya meningkat, susu basi justru bagus jika dipakai untuk membuat daging menjadi empuk, sebelum dimasak. Coba, rendam daging mentah itu dengan susu basi selama beberapa menit, lalu bersihkan dan siap dimasak. Dijamin, empuk.

2. Adonan Kue

Nah, buat kamu yang berani, coba deh campurkan susu basi ke dalam adonan kue sebagai pengganti yogurt atau buttermilk. Tenang aja, aromanya nggak bakal terasa kok. Malahan kue jadi semakin enak.

3. Membuat Keju

Kalau kamu tahu cara buat keju, artinya kamu nggak bakalan mau membuang susu basi. Alasannya, sebagian jenis keju justru dibuat dengan bahan dasar susu basi.

4. Menyiram Tanaman

Yang namanya susu, mau basi sekalipun tetap saja mengandung kalsium. Nah, kalian bisa kok menyiram tanaman dengan susu yang sudah basi. Tujuannya, agar memberi kandungan kalsium kepada tanaman biar semakin subur.

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini