Duh! Biasa Dilakukan, Ternyata 6 Hal Ini Cepat Merusak Kinerja Otak

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Otak adalah organ paling penting dalam tubuh kita. Tak hanya menjadi tempat menyimpan segala memori dan informasi, otak merupakan pusat sistem kontrol yang mengatur segala aktivitas di tubuh.

Jadi, otak harus benar-benar kita jaga gaes. Sayangnya, tanpa disadari ada sejumlah kebiasaan yang justru mempercepat penurunan atau kerusakan kinerja otak. Lebih mengerikannya lagi, kebiasaan ini seringkali kita lakukan gaes!

Kebiasaan apa saja itu? Berikut ulasannya.

1. Konsumsi garam berlebih

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal JAMA Neurology menyebutkan bahwa konsumsi garam berlebih bisa meningkatkan risiko tekanan darah tinggi hingga stroke.

Nah, kondisi pembuluh darah yang rusak akibat hipertensi dan stroke bisa berujung pada kerusakan otak.

2. Konsumsi gula berlebih

Menurut ahli dari Charite University Medical Centre, Jerman konsumsi gula berlebih bisa memicu tingginya gula darah dan membahayakan otak. Gula tinggi bisa membuat area hipokampus di otak menjadi mengecil.

3. Tidak sarapan

Sepertinya sepele, tapi siapa sangka kebiasaan tidak sarapan bisa berbahaya bagi kesehatan otak. Tidak sarapan bisa menyebabkan kurangnya asupan energi untuk aktivasi otak.

4. Kebanyakan makan berlemak

Studi yang dilakukan oleh Program Neuroscience di Universitas Vanderbilt menemukan fakta bahwa orang yang secara teratur makan makanan berlemak secara berlebihan bisa menderita kerusakan otak.

5. Jarang minum

Studi membuktikan bahwa kekurangan air atau dehidrasi bisa menyebabkan turunnya fungsi kognitif otak manusia.

6. Kurang tidur

Sejumlah penelitian menemukan fakta bahwa kurang tidur bisa menyebabkan konsentrasi dan kewaspadaan otak menurun. Hal ini ditandai dengan sejumlah hal seperti mudah lupa, sulit berpikir jernih hingga suka bingung atau linglung.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Kota Jogja Mulai Disorot, Heroe Poerwadi Akhirnya Diusung PAN, Budi Waljiman Dikawal Gerindra

Mata Indonesia, Yogyakarta - Persiapan untuk Pilkada pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja mulai memanas. Beberapa figur telah muncul sebagai calon potensial dari berbagai partai politik, di antaranya adalah Heroe Poerwadi dan Budi Waljiman.
- Advertisement -

Baca berita yang ini