Duh Bau Mulut Tak Sedap, Ini Solusinya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Bangun tidur dan siang hari menjelang sore, rasanya mulut ini tak sedap rasanya. Terkadang berbicara pun agak tertahan khawatir aroma busuk dari mulut membuat lawan bicara merasa tak nyaman.

Bau mulut sebenarnya adalah kondisi seseorang memiliki aroma napas yang tidak sedap. Bau mulut adalah masalah banyak orang. Menurut survei, sekitar 3 dari 10 orang di dunia mengalami masalah bau mulut atau halitosis. Kondisi ini membuat seseorang tidak percaya diri, juga bisa juga menjadi indikasi adanya kondisi tertentu di dalam tubuh.

Bakteri adalah penyebab utama munculnya bau mulut. Biasanya bakterini ini menumpuk di area gigi, gusi dan lidah. Penyebabnya bisa berbagai macam, mulai dari gaya hidup yang tidak sehat hingga masalah kesehatan tertentu.

Biasanya penyebab bau mulut tidak sedap pada kesehatan gigi dan mulut. Seperti gigi berlubang atau kurang menjaga kebersihan gigi dan mulut. Salah satu contohnya adalah ketika seseorang tidak rutin menggosok gigi yang menyebabkan sisa makanan akan tertinggal dan menumpuk di dalam mulut.

Bakteri akan tumbuh dalam sisa-sisa makanan tersebut. Kemudian akan mengeluarkan senyawa sulfur yang menyebabkan mulut menjadi berbaut tidak sedap. Bakteri penyebab bau mulut akan berkembang biak hingga akhirnya membentuk plak gigi.

Adapun penyebab lain yang memicu bau mulut tidak sedap, salah satunya apabila seseorang terkena masalah kesehatan xerostomia, gangguan asam lambung, sinusitis, diabetes, gangguan hati hingga infeksi pada saluran pernapasan. Di samping itu, bau mulut tidak sedap juga karena kebiasaan merokok ataupun konsumsi minuman beralkohol.

Untuk mengatasi bau mulut, kalian harus rajin menggosok gigi minimal 2 kali sehari. Gunakan benang gigi untuk membersihkan sia-sisa makanan penyebab bau mulut. Selain itu, minum air putih sesuai aturan, yakni 2 liter perhari mampu mengatasi bau mulut yang disebabkan mulut kering.

Selain kedua cara tersebut, Anda juga dapat melakukan cara-cara lain di bawah ini:

  1. Berkumur Air Garam

Berkumur dengan air garam mampu menghilangkan bau mulut secara alami. Caranya mudah, cukup campurkan sedikit garam dengan segelas air hangat, lalu gunakan air tersebut untuk berkumur selama 30 detik. Ulangi cara tersebut sampai bau mulut hilang.

  1. Menjaga Asupan Makanan

Hindari mengonsumi makanan dan minuman  pemicu bau mulut tidak sedap untuk sementara waktu. Makanan tersebut seperti kopi, bawang, petai, jengkol, rempah-rempah dan makanan lainnya.

  1. Menghentikan Kebiasaan Merokok

Berhenti merokok dapat menjadi salah satu solusi menghilangkan bau mulut tidak sedap. Jika, kalian kesulitan untuk berhenti merokok, cobalah konsultasikan ke dokter bagaimana cara terbaik untuk menghentikan kebiasaan tersebut.

  1. Mengunjungi Dokter Gigi Secara Teratur

Memeriksakan gigi secara teratur ke dokter gigi setidaknya 2 kali dalam setaun dapat mendeteksi dan mencegah penyakit gigi dan gusi.

  1. Pakai Obat Kumur

Berkumur dengan mouthwash alias obat kumur dapat menghilangkan bau mulut juga dapat membersihkan rongga mulut dari sisa-sisa makanan. Berkumur secara rutin juga menggosok gigi dinilai paduan yang tepat untuk menghilangkan bau mulut.

Reporter: Shafira Annisa

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Kota Jogja Mulai Disorot, Heroe Poerwadi Akhirnya Diusung PAN, Budi Waljiman Dikawal Gerindra

Mata Indonesia, Yogyakarta - Persiapan untuk Pilkada pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja mulai memanas. Beberapa figur telah muncul sebagai calon potensial dari berbagai partai politik, di antaranya adalah Heroe Poerwadi dan Budi Waljiman.
- Advertisement -

Baca berita yang ini