Sabtu, September 18, 2021

Dikenal Sebagai Musuh Abadi, Ternyata Ini Alasan Kucing Membenci Air

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kucing dan air dikenal sebagai dua hal yang saling bertolak belakang. Bahkan, tak jarang para pemilik hewan menggemaskan ini menjadi korban cakaran saat berusaha memandikannya. Kira-kira apa sih yang membuat kucing begitu membenci air?

Dikutip dari situs brand makanan hewan terkenal di Inggris, Purina, para ahli menyatakan kalau salah satu alasannya adalah kucing akan kehilangan kelincahannya. Kucing akan sulit dalam bergerak ketika tubuhnya basah kuyup.

Sama halnya seperti bila Anda dipaksa membawa selimut basah diatas pundak, begitupula yang dirasakan oleh kucing saat bulunya terguyur air, pasti sangat tidak nyaman bukan?

Jika kita mengulik kembali masa lalu, nyatanya nenek moyang kucing sama sekali tidak pernah berinteraksi dengan lingkungan yang bersifat basah. Alih-alih dikelilingi oleh sungai atau samudra, nenek moyang kucing justru hidup di tanah kering dan gersang. Oleh sebab itu, tidak banyak bekal persiapan yang dapat diwariskan pada generasi kucing modern.

Jadi, jangan heran apabila kucing Anda memberontak dan mencoba kabur dari pelukan saat hendak diletakkan didalam bak mandi.

Selain itu, daya cium yang handal membuat kucing sensitif atas bau di sekitarnya.

Bahan kimia yang terkandung pada air keran nyatanya dapat dideteksi oleh hidung mereka. Ada kalanya kucing mencelupkan kaki mereka sesekali ke dalam air. Namun, mereka tidak akan membiarkan bau bulunya tergantikan oleh bau-bau tertentu.

Lalu, kucing yang tidak memiliki kendali atas dirinya rentan untuk menghindari sesuatu yang dirasa membahayakannya, termasuk air. Berada di permukaan yang licin dengan air mengalir ke bulu mereka, cukup membuat mereka terasa terbebani dan membuat naluri kucing mereka menjadi rusak.

Bukan hanya faktor internal, tampaknya faktor eksternal juga turut mengambil peran lho. Pasti Anda pernah melihat kucing yang dimandikan secara paksa atau kucing yang tidak sengaja tersiram air kan?

Nah, kejadian tersebut memungkinkan kucing mengalami stress hingga akhirnya menolak untuk berinteraksi dengan air sepanjang hidupnya.

Walaupun demikian, masih ada kok beberapa kucing yang benar-benar menyukai air. Misalnya, kucing Maine Coon. Kucing jenis ini tidak segan-segan untuk memercikkan air ke tubuhnya jika ada kesempatan. Lucu sekali ya!

Reporter: Ananda Salsabila Nadira

- Advertisement -spot_img

BERIKAN KOMENTAR POSITIF

Ayo berikan komentar
Tuliskan nama

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Ini Arti Variants of Interest (VoI) dan Variants of Concern (VoC) Saat Covid-19 Bermutasi

MATA INDONESIA, JAKARTA – Virus SARS-CoV-2 mengalami berbagai mutasi yang menghasilkan banyak varian baru. Lalu muncullah istilah variants of...
- Advertisement -spot_img

Baca berita yang ini

- Advertisement -spot_img