Diet apel

MATA INDONESIA, JAKARTA – Merasa gagal menurunkan berat badan di tahun 2019? Padahal sudah berusaha maksimal, masih saja belum langsing. Kalau begitu, kamu butuh resolusi diet tahun baru 2020 yang lebih ampuh dan manjur.

Untuk mencapai berat badan yang kamu inginkan di tahun 2020, kamu harus maksimalkan diet dan serius menjalaninya. Salah satu cara paling tepat adalah perbanyak makan buah. Tapi, perlu kamu ketahui, nggak semua buah bisa digunakan untuk diet.

Memilih Jenis Buah yang Tepat untuk Diet

Dari sekian banyak jenisnya, ada 5 buah yang paling manjur untuk menurunkan berat badan kamu, dan pastinya menjagamu tetap sehat. Berikut 5 jenis buah tersebut:

1. Apel

Apel

Memiliki kandungan karbohidrat yang baik, apel sering dikonsumsi sebagai pengganti gandum atau nasi saat seseorang sedang diet. Kandungan pectin atau sejenis serat sehatnya juga membuat buah ini ideal untuk dijadikan menu diet.

Apel juga berfungsi sebagai antioksidan. Kandungan vitamin C yang dimiliki buah ini bakal menjaga tubuh kamu tetap segar.

2. Pisang

Pisang

Buah yang satu ini sudah jelas tak bias diremehkan. Kandungan vitamin B6 pada pisang bermanfaat untuk memproduksi serotonin dalam otak, yang efeknya dapat menekan nafsu makan, mengurangi ketegangan dan membuat rileks.

Pisang juga kaya karbohidrat, sehingga bisa dipakai sebagai pengganti nasi. Kamu bisa konsumsi pisang sebagai pengganti makanan tak sehat lainnya di jam-jam ngemil, seperti sore atau malam menjelang tidur.

3. Mangga

Mangga

Khasiatnya tak perlu diragukan lagi. Mangga mengandung carotenoid yang disebut beta cryptoxanthin. Senyawa ini adalah salah satu antioksidan terbaik untuk menjaga kesehatan usus. Mangga juga kaya serat dan vitamin C, cocok buat kalian yang sedang gigih mengurangi lemak dalam tubuh.

Kalau kamu merasa lapar pada malam hari, kamu boleh kok menjadikan manga sebagai cemilan. Aman, dijamin nggak bakal bikin berat kamu nambah.

4. Kiwi

Kiwi

Warna hijau pada kiwi disebabkan kandungan pigmen chlorophyll, yang juga berfungsi menjaga tubuh dari serangan kanker. Selain itu, kandungan vitamin serta zat-zat lainnya pada buah ini dipercaya dapat menakan rasa lapar.

Bahkan, para ahli gizi menyebut kandungan serat dan vitamin E pada kiwi jauh lebih banyak dari pisang, sehingga dianggap salah satu buah yang pas untuk melangsingkan perut penuh lemak.

5. Melon

Melon

Buah ini kerap dijadikan cemilan atau snack sehat. Hal itu bukan tanpa alasan, sebab melon mengandung gula alami yang mengenyangkan, tapi tidak menimbulkan efek seperti yang dihasilkan nasi atau gandum.

Melon juga kaya dengan lycopene yang berfungsi menjauhkan kamu dari sel-sel kanker ganas. Jenis melon merah dan oranye mengandung kaya vitamin C, juga carotenoid sebagai antioksidan.

Nah, itu 5 buah yang dianggap paling tepat untuk resolusi diet kamu tahun 2020 nanti. Kamu bisa kok memakan buah itu dengan tambahan bahan lain, asalkan tetap memperhatikan nilai gizinya.

Mengolah Buah agar Lebih Asyik Dikonsumsi dan Tidak Membosankan

Ada beberapa cara mengolah buah agar lebih nikmat dikonsumsi. Kamu juga bisa kok mencampur beberapa buah dalam satu menu.

Begini cara mengolah buah agar menjadi menu yang tak membosankan, dijamin tetap aman untuk diet kamu:

1. Jus

Jus buah

Kalau kamu bosan makan buah dengan cara biasa, coba deh dibuat jus. Kamu bisa mencampur beberapa buah dalam satu menu jus, misalnya kiwi dicampur dengan apel. Bisa juga apel dicampur dengan pisang. Pasti lebih asyik, kan?

2. Salad

Salad buah

Buah-buah tadi bisa kamu potong kecil-kecil, kemudian dicampur dan ditambahkan sedikit mayonais. Lalu, kamu bisa menaburi bagian atasnya dengan keju yang rendah lemak sebagai topping. Pasti mantap banget, apalagi dikonsumsi di waktu kamu lagi santai.

3. Sop Buah

Sop buah

Kamu butuh gula atau sirup dan sedikit es batu yang rendah kalori kalau mau membuat menu ini. Atau, kamu bisa menggantikan kuah supnya dengan air kelapa. Menu ini pas banget kalau kamu konsumsi saat cuaca sedang terik, pasti segar banget.

Masih banyak cara-cara atau olahan lain yang bisa kamu kreasikan sendiri. Kamu harus tetap perhatikan pentingnya bahan tambahan yang tak merusak dietmu. Untuk menyukseskan resolusi 2020 kamu, penuhi segala kebutuhan resolusi tahun baru kamu degan Promo Tahun Baru dari Shopee!

 

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here