Dijamin Enak! Ini Cara Biar Kamu Jadi Suka Makan Sayur

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Sayuran terkadang menjadi makanan yang paling malas dikonsumsi masyarakat. Rasanya yang tak senikmat makanan cepat saji membuat sayuran tak dilirik, padahal manfaatnya begitu banyak untuk kesehatan.

Meski sulit makan sayur identik dengan anak-anak, namun ada juga loh orang dewasa yang masih enggan mengonsumsi makanan sehat ini. Mereka menganggap masih ada cara lain untuk mendapatkan vitamin dan nutrisi dari makanan lain, tak harus dari sayuran.

Sayuran memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Gak cuma kaya vitamin dan mineral, sayuran juga tinggi akan serat yang bagus untuk sistem pencernaan. Selain itu, ada pula beberpa jenis sayuran yang bisa mencegah munculnya sel kanker, seperti kol, kembang kol dan brokoli.

Tapi, ada baiknya kebiasaan tersebut kamu ubah dari sekarang ya. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar kamu bisa menyukai sayur untuk jadi sumber vitamin dan nutrisi untuk tubuhmu.

  1. Buat Menjadi Mie

Orang dewasa umumnya akan memilih makan mie instan ketimbang harus mengonsumsi sayuran. Maka, cara utama yang bisa kamu lakukan agar doyan sayur ialah mengubah sayuran menjadi mie yang lezat.

Kamu bisa menggunakan sayuran hijau seperti bayam atau sawi sebagai bahan dasar membuat mie. Haluskan sayuran tersebut menggunakan blender dan campur dengan bahan pembuat mie lainnya seperi tepung, telur dan air.

Dengan dibuat seperti mie, maka kamu tak perlu merasakan rasa pahit atau hambar dari sayuran tersebut. Sebab, kamu bisa mengombinasikannya dengan topping lain seperti ayam ataupun bakso.

2. Tambahkan Saus Favoritmu

Jika kamu sulit makan sayur, mungkin menambahkan saus favoritmu sebagai penambah cita rasa bisa jadi alternatif yang baik. Jadi, kamu bisa olah sayuran yang gak kamu suka menjadi sebuah salad dengan tambahan protein lainnya seperti daging ayam ataupun ikan.

Divariasikan dengan beragam bahan lainnya, bisa membuat cita rasa asli sayur yang hambar bahkan pahit jadi tertutup. Dengan begitu, kamu bisa terbiasa mengonsumsinya perlahan-lahan.

3. Plih Sayur yang Warna-warni

Siapa bilang sayuran harus berwarna hijau? Ada kok sayuran yang warna-warni bak pelangi.

Kalau mengonsumsi sayur hijau terlalu mengerikan untuk kamu sebagai pemula, cobalah makan sayur yang kaya akan warna, seperti wortel, paprika, jagung, kentang dan sebagainya. Jika mulai berani makan yang warna-warni, coba perlahan mengonsumsi yang berwarna hijau.

4.  Campur dengan Telur

Telur tentu menjadi makanan yang disukai banyak orang. Rasanya yang cocok dengan lidah orang Indonesia serta cara mengolahnya yang fleksibel membuat telur bisa jadi bahan campuran buat kamu yang sedang mencoba memakan sayur.

Pilihlah sayur yang menarik perhatianmu kemudian potong hingga kecil. Lalu, campurkan dengan telur dan kocok hingga tercampur. Jangan lupa berikan lada dan garam biar rasanya makin nikmat!

5. Dibuat Smoothies

Satu lagi cara yang bisa membantu kamu jadi suka makan sayur ialah membuat menjadi smoothies. Tenang, kamu gak perlu mencampurkan semua sayuran dalam satu blender kok.

Biar makin menggugah selera, kamu bisa membuatnya dengan tambahan buah-buahan segar seperti pisang dan nanas. Gak cuma itu, kamu juga dapat menambahkan susu low fat dan madu untuk membuatnya semakin enak. Jadi, gak ada alasan untuk kamu gak doyan makan sayur lagi ya gaes!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini