Diet Sih Boleh Saja, Tapi Jangan Lupakan Nutrisi Penting Ini

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Bagi yang sedang menjalani diet, penting mengetahui bahwa prinsip diet bukan hanya sekedar mengurangi asupan karbohidrat dan lemak saja. Lebih dari itu, ada hal lain yang tak kalah pentingnya.

Dalam diet, yang terpenting adalah tetap menjaga kecukupan dan kelengkapan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Tak sedikit orang sering melupakan beberapa nutrisi yang penting di masa-masa diet. Dikutip dari Boldsky, inilah nutrisi yang tidak boleh dilupakan dalam proses diet:

1. Vitamin C

Kalau tubuh kekurangan vitamin C, maka sistem kekebalan akan melemah dan jadi mudah sakit. Saat itu terjadi, diet pun jadi berbahaya jika dilakukan. Jadi, penuhi kebutuhan vitamin C yang bisa didapatkan dari banyak jenis buah dan sayuran.

2. Kalsium

Perhatikan menu diet Anda, apakah ada menu yang mengandung kalsium atau tidak. Nutrisi ini jangan sampai terlewatkan karena penting untuk tetap menjaga tulang, otot, mengatur irama jantung dan banyak manfaat lainnya.

3. Serat

Nutrisi yang satu ini pun sangat penting dalam masa-masa diet. Selain itu, makanan tinggi serat umumnya rendah kalori tapi mengenyangkan, tepat untuk program diet.

4. Kalium

Agar tekanan darah tetap normal semasa diet, penuhi kebutuhan kalium setiap hari. Selain itu, kalium bisa menjaga fungsi saraf dan meningkatkan kesuburan. Kalium bisa diperoleh dari makanan seperti ubi, brokoli, kentang maupun pisang.

5. Megnesium

Penting menjaga tubuh agar terhindar dari ancaman penyakit jantung, diabetes, kram, atau gejala osteoporosis selama masa diet. Untuk mencegah penyakit-penyakit itu, penuhi kebutuhan magnesium sehari-hari yang bisa diperoleh dari bayam, almond dan lainnya. (Ryan)

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini