Mac Mini
Mac Mini

MATA INDONESIA, JAKARTA – Apple telah memperkenalkan produk Mac barunya, yakni MacBook Air, MacBook Pro 13 inci, dan Mac mini yang didukung oleh M1, chipset revolusioner dan digadang-gadang tercanggih yang dirancang khusus untuk Mac.

Sebenarnya secara resmi Apple merilis ketiga produk Mac terbarunya itu pada November 2020 lalu. Namun, Macbook Air dan MacBook 13 inci dengan chip M1 baru resmi dijual di Indonesia pada pekan ketiga Januari 2021 oleh salah satu distributor resmi Apple di Tanah Air, iBox Indonesia.

Keistimewaan produk Mac terbaru Apple ini terletak pada chip M1. Sejauh ini, M1 menjadi chip paling kuat yang pernah dibuat Apple. Dengan performa terdepan di industrinya dan sistem operasi macOS Big Sur, M1 menghadirkan CPU hingga 3,5x lebih cepat, GPU hingga 6x lebih cepat, kemampuan pembelajaran mesin (ML) hingga 15x lebih cepat, dan masa pakai baterai hingga 2x lebih lama dari sebelumnya.

Selain itu, dengan kombinasi M1 dan macOS Big Sur, pengguna bisa mendapatkan akses ke koleksi aplikasi terbesar yang pernah ada untuk Mac. Hal ini membuat jajaran baru Mac yang didukung M1 memiliki kinerja yang luar biasa.

Tim Cook, CEO Apple mengatakan, pengenalan tiga Mac baru yang menampilkan chip M1 terobosan Apple mewakili perubahan besar yang dibuat selama bertahun-tahun dan menandai hari bersejarah bagi Mac maupun Apple.

Untuk mengetahui lebih lanjut, simak keunggulan masing-masing Mac terbaru Apple berikut ini.

MacBook Air M1

Macbook Air M1
Macbook Air M1

MacBook Air adalah Mac terpopuler dari Apple dan termasuk laptop 13 inci terlaris di dunia. Chip M1 pada MacBook Air mempercepat segala kinerja, mulai dari mengedit foto hingga mengekspor video. MacBook Air M1 ini memiliki CPU 8-inti yang bertenaga hingga 3,5x lebih cepat dari generasi sebelumnya, dan GPU dengan kemampuan grafis 5x lebih cepat, lompatan terbesar yang pernah ada untuk MacBook Air.

Pengontrol penyimpanan chip M1 dan teknologi flash terbaru menghadirkan kinerja SSD hingga 2x lebih cepat, membuat pratinjau gambar yang besar atau impor file yang besar lebih cepat dari sebelumnya. M1 juga menjadi chip yang lebih cepat daripada chip di 98 persen laptop komputer pribadi yang terjual pada tahun lalu.

Dengan efisiensi daya M1 yang terdepan di industri, MacBook Air ini menghadirkan kinerja dengan desain tanpa kipas, yang berarti apa pun yang dilakukan pengguna, MacBook Air tetap senyap sepenuhnya. Meskipun begitu, MacBook Air ini diklaim Apple tidak akan panas.

Selain itu, MacBook Air M1 juga menghadirkan masa pakai baterai yang luar biasa, dengan penjelajahan web nirkabel hingga 15 jam dan pemutaran video hingga 18 jam, menjadikan masa pakai baterai terlama untuk semua tipe MacBook Air.

Fitur baru lainnya di MacBook Air M1 termasuk prosesor sinyal gambar (ISP) terbaru Apple yang meningkatkan kualitas gambar kamera dengan pengurangan noise yang lebih baik, rentang dinamis yang lebih besar, dan white balance otomatis yang ditingkatkan serta penyempurnaan pendeteksi wajah.

Secure Enclave (fitur perangkat keras Apple untuk manajemen kunci dan menjaga integritas Perlindungan Data) di chip M1, dikombinasikan dengan Big Sur, memberikan keamanan terbaik di kelasnya dengan fitur-fitur seperti Touch ID, yang memudahkan untuk membuka MacBook Air dan melakukan pembelian online yang aman menggunakan Apple Pay dengan satu sentuhan jari. Lalu, fitur Wi-Fi 6 menghadirkan kinerja nirkabel yang lebih cepat, sementara dua port Thunderbolt dengan dukungan USB 4 memungkinkan konektivitas ke berbagai perangkat tambahan.

Dengan desain yang ramping, layar Retina yang menakjubkan, dan tingkat kinerja yang luar biasa berkat M1, MacBook Air M1 menjadi revolusi bagi laptop yang tipis dan ringan.

MacBook Air M1 yang dijual di Indonesia hadir dalam varian warna Gold, Silver, dan Space Gray. Ada dua varian chip M1 yang bisa dipilih, yaitu dengan GPU tujuh inti (7-core) atau delapan inti (8-core).

Kapasitas penyimpanan SSD yang tersedia juga ada dua, yaitu 256 GB dan 512 GB. Meskipun sedikit berbeda, kedua laptop ini kompak dibekali RAM 8 GB. Berikut daftar harga MacBook Air M1 yang dijual di iBox Indonesia:

  1. MacBook Air M1, Apple M1 Chip (GPU 7-core), SSD 256 GB, RAM 8 GB dijual seharga Rp16.999.000,-
  2. MacBook Air M1, Apple M1 Chip (GPU 8-core), SSD 512 GB, RAM 8 GB dijual seharga Rp21.799.000,-

MacBook Pro M1

Macbook Pro M1
Macbook Pro M1

MacBook Pro 13 inci merupakan jajaran laptop terpopuler dari Apple. Dengan chip M1 dan macOS Big Sur, MacBook Pro 13 inci menjadi lebih bertenaga dan bahkan lebih profesional. CPU 8-inti, saat dipasangkan dengan sistem pendingin aktif MacBook Pro M1, menjadi 2,8x lebih cepat dari generasi sebelumnya dan memberikan kinerja yang hebat dalam mengedit foto dan video resolusi tinggi, serta masih banyak lagi.

GPU 8-inti pada MacBook Pro M1 membuat performa hingga 5x lebih cepat, memungkinkan pengguna untuk menikmati kinerja grafis yang sangat mulus baik saat merancang game dengan grafis tinggi atau produk grafis lainnya. Dengan chip M1 ini juga, MacBook Pro 13 inci menjadi 3x lebih cepat daripada laptop Windows terlaris di kelasnya.

MacBook Pro M1 menghadirkan masa pakai baterai hingga dua kali lipat dari generasi sebelumnya dan yang terlama, di mana penjelajahan web nirkabel hingga 17 jam dan pemutaran video hingga 20 jam.

Fitur baru lainnya di MacBook Pro M1 termasuk mikrofon berkualitas studio untuk perekaman dan panggilan yang sangat jernih, serta ISP kamera terbaru Apple yang memungkinkan gambar menjadi lebih tajam dan detail.

MacBook Pro baru ini juga menghadirkan keamanan terbaik di kelasnya dengan Secure Enclave di M1 dan Touch ID. Selain itu, dilengkapi dua port Thunderbolt dengan dukungan USB 4 untuk terhubung ke lebih banyak perangkat dari sebelumnya, termasuk Pro Display XDR Apple dalam resolusi 6K penuh.

MacBook Pro M1 memiliki dua kapasitas penyimpanan SSD, yaitu 256 GB dan 512 GB. Berbeda dengan MacBook Air M1, warna yang bisa dipilih hanya ada dua, yakni Silver dan Space Grey. Selain itu, jenis chip Apple M1 yang tersedia pada MacBook Pro juga hanya ada satu, yaitu GPU 8-core saja. Berikut daftar harga MacBook Pro M1 yang dijual di iBox Indonesia:

  1. MacBook Pro, Apple M1 Chip (GPU 8-core), SSD 256 GB, RAM 8 GB dijual seharga Rp21.999.000,-
  2. MacBook Pro, Apple M1 Chip (GPU 8-core), SSD 512 GB, RAM 8 GB dijual seharga Rp25.099.000,-

Mac mini (M1, 2020)

Mac Mini
Mac Mini

Mac mini termasuk komputer Apple yang paling serbaguna, dan sekarang dengan chip M1, komputer ini memiliki kinerja dan fitur baru yang luar biasa dalam desain yang begitu ringkas. Mac mini M1 menghadirkan CPU 8-core dengan kinerja hingga 3x lebih cepat dari generasi sebelumnya sehingga mempercepat beban kerja yang menuntut, mulai dari melakukan pemrograman jutaan baris kode hingga membangun proyek musik multitrack yang sangat besar.

Sementara itu, GPU 8-core memberikan peningkatan performa grafis hingga 6x lebih besar, memungkinkan Mac mini M1 untuk menangani tugas-tugas yang membutuhkan performa intensif, seperti rendering 3D yang kompleks dengan mudah, pemrogaman dan pengembangan game.

Jika dibandingkan dengan komputer desktop Windows terlaris dalam kisaran harganya, Mac mini M1 hanya berukuran sepersepuluh, namun memberikan kinerja hingga 5x lebih cepat.

Saat ini, Mac mini M1 belum tersedia secara resmi di Indonesia. Berikut daftar harga Mac mini M1 yang dirilis Apple:

  1. Mac mini M1, RAM 8GB, SSD 256GG dijual seharga USD 699 atau sekitar Rp9,8 jutaan.
  2. Mac mini M1, RAM 8GB, SSD 512GB dijual seharga USD 899 atau sekitar Rp12,6 jutaan.
  3. Mac mini (Intel i5), RAM 8GB, SSD 512GB dijual seharga USD 1099 atau sekitar 15,5 jutaan.

Reporter: Safira Ginanisa

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here