Ilustrasi (Foto: Istimewa)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Di masa pandemi Covid-19 saat ini, nyaris selama 24 jam waktu dihabiskan di rumah saja. Tak usah khawatir muka jerawatan dan kusam karena di rumah. Justru wajah tetap harus dirawat supaya bersih dan segar.

Bagaimana cara yang gampang merawat wajah di rumah? dikutip dari akun Instagram @Qupasbeauty, begini tahapan cara merawat wajah supaya teratur

Perawatan wajah pada pagi hari :

Perawatan wajah di pagi hari sangat penting. Kulit wajah perlu perlindungan ekstra meski Anda di rumah. Organ terbesar dan terluar dari tubuh ini akan terpapar sinar matahari, udara kotor dan radikal bebas yang bersifat merusak sel.

Dermatologist Dr. Debra Jaliman mengatakan, sedikitnya perlu tiga hingga empat langkah dalam perawatan kulit di pagi hari. Mulai dari membersihkan, melembapkan, menutrisi hingga melindungi. Dr. Debra pun menjelaskan tahapan yang tepat agar kulit terawat dan terlindungi setiap hari.

1. Cleanser

Bisa gunakan cleanser. Itu terbagi dalam beberapa jenis diantaranya Facial Foam, Gel Cleanser, Cream cleanser dan Cleansing Oil. Walaupun banyak jenis, tetapi manfaat cleanser sama tergantung tipe kulit. Manfaat cleanser yaitu membersihkan wajah, mencerahkan kulit, mengangkat sel kulit mati, memperbaiki dan melembutkan kulit dan mengecilkan pori-pori.

2. Toner

Toner adalah tahap kedua setelah menggunakan cleanser atau cuci muka. Toner adalah cairan yang dapat menghilangkan kotoran dari wajah seperti minyak dan dapat mengangkat sel kulit mati, fungsi dari toner yaitu mengencagkan celah sel setelah pembersihan, mengurangi penetrasi kotoran dan menutup pori-pori dari debu.

3. Serum

Tahapan yang ketiga ada serum. Serum ini merupakan perawatan kulit wajah yang banyak akan nutrisi, dengan sifatnya ringan di wajah dan mudah menyerap.

4. Moisturizer

Moisturizer digunakan setelah memakai serum. Moisturizer adalah suatu lotion wajah yang digunakan untuk mencegah dan mengatasi permasalahan kulit.

5. Sunscreen
Sunscreen atau tabir surya
Hal penting bagi perawatan pada kulit wajah. Tabir surya adalah ramuan untuk menghalangi pengaruh cahaya sinar Mata Hari yang dapat merusak kulit. Walaupun hanya di rumah saja jangan lupa menggunakannya ya karena penting bagi perawatan kulit wajah.

Perawatan wajah pada malam hari:

Setelah menjalani rutinitas padat, gunakan waktu malam hari untuk menenangkan wajah dengan melakukan perawatan wajah serta istirahat yang cukup.

Selain mencuci wajah, menggunakan perawatan wajah pada malam hari adalah jawaban yang paling tepat untuk menjaga kesehatan kulit wajah agar terlihat lebih sehat, bersih, cerah, dan untuk pencegahan penuaan dini.

Waktu pemakaian skincare pada malam hari, dapat memperbaiki kerusakan sel kulit terutama akibat stres yang disebabkan oleh aktivitas. Mengaplikasikan skincare di malam hari juga dapat melembabkan kulit wajah.

1. Oil-based cleanser

Tahapan pertama perawatan pada malam hari ini, menggunakan oil based cleanser yang merupakan produk pembersih muka yang akan menghilangkan make-up atau debu sebelum kita melakukan cuci muka.

2. Cleanser

Setelah selasai menggunkan oil-based cleanser, kini saatnya membersihkan muka menggunakan air supaya lebih bersih dan dapat membersihkan sisa kotoran debu yang masih menempel.

3. Toner

Toner kembali di pergunakan pada malam hari.

4. Night Cream

Night cream atau krim malam merupakan krim yang diformulasikan khusus untuk pemakaian malam hari. Krim malam berfungsi untuk memberikan kelembaban untuk kulit senantiasa tetap terhidrasi, membantu pembaruan sel, memberi nutrisi pada kulit, mengurangi kerutan dan garis-garis halus di wajah, membantu sirkulasi darah yang lebih baik, membuat tekstur kulit lebih halus dan dapat menangkan wajah.

Perawatan pada wajah tidak hanya pagi dan malam hari saja tetapi ada perawatan mingguan bagi kulit wajah juga. Berikut perawatan mingguan bagi kulit wajah yang bisa dilakukan di rumah aja:

1. Masker Wajah

Masker Wajar merupakan bagian dari perawatan kulit wajah yang berkala yang dibuat dari berbagai macam bahan-bahan serta kandungan di dalamnya. Masker wajah terdiri dari beberapa jenis diantaranya ada sheet mask, clay mask, mud mask, peel off mask, wash off mask, exfoliating mask dan sleeping mask. Antara tujuh jenis tersebut memiliki fungsi masing-masing dan banyak juga manfaatnya bagi kulit wajah. Maskeran dapat dilakukan 2-3 kali dalam seminggu.

2. Scrub Wajah

Selain masker wajah dalam perawatan mingguan ini, ada juga scrub berguna untuk mengangkat kotoran, minyak, dan sel-sel kulit mati yang tedapat pada permukaan kulit, dan bisa meregenerasi kulit. Lakukan scrub 1-2 kali dalam seminggu.

Selamat mencoba dan buktikan hasilnya.

Reporter: Novita Sari

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here