Deretan Negara yang Ramah Terhadap Penyandang Disabilitas!

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Para penyandang disabilitas, mungkin akan khawatir jika berkunjung ke sebuah negara lain. Tapi, sekarang beberapa negara sudah ramah terhadap penyandang disabilitas lho!

Mengunjungi negara yang nyaman dan aman mungkin impian banyak orang. Sayangnya, memang belum semua negara yang ramah bagi penyandang disabilitas, misalnya saja transportasi publiknya yang sulit dinikmati.

Sebelum para penyandang ini melalukan perjalanan ke sebuah negara. Sebaiknya, melakukan riset terlebih dahulu karena informasi tersebut sangat penting bagi penyandang disabilitas.

Buat yang belum tahu, saat ini sudah terdapat beberapa negara yang ramah terhadap para penyandang disabilitas. Negara mana saja? Simak ulasan di bawah ini!

– Jerman

Jerman merupakan salah satu negara yang ramah disabilitas. Negara yang terdapat di benua Eropa ini meningkatkan layanan terdahap kaum disabilitas dari segi kesehatan dan teknologi. Transportasi umum di Berlin bersifat ramah disabilitas. Lalu, terdapat jalur khusus untuk kaum disabilitas dan tempat wisatanya juga sudah ramah disabilitas.

– Inggris

Inggris merupakan negara yang terus menjadikan kota London sebagai kota ramah terhadap disabilitas. Pemerintah setempat berencana untuk membuat peraturan terhadap lokasi wisata agar menyediakan akses penyandang disabilitas. Faktanya, terdapat taksi yang menyediakan kursi roda untuk para penyandang ini.

Hampir seluruh kota di Inggris yang menyediakan taksi ramah disabilitas. Di jalannya pun terdapat jalur khusus untuk kursi roda dan terdapat beberapa hotel yang menyediakan kamar khusus penyandang disabilitas.

– Australia

Australia adalah negara yang banyak dikunjungi oleh masyarakat di dunia. Sydney salah satu kota yang mudah diakses untuk penyandang disabilitas. Di Opera House terdapat akses wisata khusus untuk difabel, seperti menyediakan jasa bahasa isyarat untuk kaum tuna rungu. Trem listrik yang terdapat di Melbourne memudahkan kaum disabilitas menggunakan transportasi umum tersebut. Serta terdapat jalur khusus kursi roda yang memudahkan mereka untuk menaiki transportasi umum.

– Singapura

Singapura negara yang bertetangga dengan Indonesia. Negara ini ramah dengan penyandang disabilitas, seperti menyediakan kursi roda. Lalu, transportasi umunya seperti taksi, bus, dan MRT aman untuk dinaiki penyandang disabilitas. Jika wisatawan memiliki hambatan, seperti pendengaran dan penghilatan terdapat fasilitas yang menampungnya. Tempat wisatanya telah menyediakan layanan untuk penyandang disabilitas.

– Italia

Italia dijuluki dengan negara pasta. Ibu kota Italia adalah Roma juga ramah terhadap disabilitas. Seluruh transportasi umum dan jalur-jalur khusus dibuat juga untuk penyandang disabilitas. Roma memiliki hotel-hotel yang ramah disabilitas, sekitar 700 hotel yang menyediakan fasilitas disabilitas.

Bagi wisatawan, jika ingin mengunjungi Colosseum dan Vatikan terdapat bis dan skuter yang menyediakan untuk kaum disabilitas. Itulah negara-negara yang ramah terhadap kaum disabilitas. Untuk itu, jangan khawatir jika ingin mengunjungi negara tersebut.

Reporter: Azizah Putri Octavina

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini