Deretan Manfaat Madu untuk Kecantikan Kulit

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Ternyata madu memiliki beragam manfaat bagi manusia. Tak hanya untuk kesehatan tubuh, madu juga membuat kulit terlihat lebih cantik dan berkilau.

Berikut manfaat penting dari madu untuk kesehatan kulit anda ;

1. Ampuh hilangkan jerawat

Kalau ada jerawat di wajah, jangan buru-buru memencetnya. Sebaiknya gunakan madu sebagai pertolongan pertama. Madu mengandung komponen antibakteri yang mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Selain itu terdapat kandungan antiinflamasi yang membantu meredakan rasa sakit dan peradangan.

Pastikan wajah dalam kondisi bersih dengan penggunaan cleanser dan sabun cuci muka. Aplikasikan madu pada jerawat dan diamkan selama 15-20 menit lalu bilas.

2. Melembabkan kulit

Madu juga bisa dimanfaatkan untuk melembabkan kulit. Ini berkat kandungan emoliennya. Emolien membantu mengunci kelembapan dan membuatnya lembut dan terhidrasi. Yang memiliki kulit kering, sebaiknya memasukkan madu dalam rangkaian perawatan kulit.

Caranya mudah, cukup siapkan satu sendok makan madu. Gosok pada kedua telapak tangan untuk menghangatkan. Kemudian pijatkan pada wajah selama beberapa menit dan diamkan selama 15-20 menit. Bilas dengan air.

3. Melembutkan bibir

Bibir kasar dan pecah-pecah tentu merusak tampilan lipstik dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Madu bisa dijadikan scrub guna mengangkat lapisan kulit mati sehingga bibir jadi halus dan lembut.

Siapkan satu sendok makan madu dan dua sendok makan gula (gula pasir atau brown sugar). Campur keduanya dalam wadah dan gosokkan perlahan pada bibir. Kemudian diamkan selama 10 menit dan bilas.

4. Mengatasi hiperpigmentasi

Warna pada kulit terbentuk berkat melanin atau pigmen yang memberi warna pada kulit. Namun paparan sinar UV bisa menimbulkan kelebihan produksi melanin sehingga mengakibatkan hiperpigmentasi atau timbul bintik atau noda hitam di kulit.

Untuk kasus ini, padukan madu dengan minyak kelapa (VCO). Keduanya akan mengandung emolien yang menyegarkan dan mencerahkan kulit. Campur satu sendok makan madu dan satu sendok makan minyak kelapa. Pijatkan ramuan ini pada wajah dan bilas.

5. Mengangkat sel kulit mati

Madu pun dapat dipakai secara rutin untuk mengangkat sel kulit mati sehingga merangsang pertumbuhan sel-sel kulit yang baru. Selain itu, juga bisa membersihkan pori untuk menghindari penyumbatan.

Anda hanya memerlukan satu sendok makan madu dan dua sendok makan baking soda. Ketika sudah tercampur rata, gosokkan pada wajah dan pijat perlahan. Bilas dan cuci wajah seperti biasa kemudian disusul dengan pelembap. Sebaiknya eksfoliasi wajah cukup dua kali dalam seminggu.

Semoga berguna!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Harga Daging Sapi di Bantul mulai Turun, Ini yang jadi Penyebabnya

Mata Indonesia, Bantul - Setelah Lebaran, harga daging sapi di Bantul mulai mengalami penurunan secara perlahan. Nur Wijaya, Lurah Pasar Niten, membenarkan hal tersebut dengan mengatakan bahwa pada 15-16 April 2024, harga daging sapi sudah stabil.
- Advertisement -

Baca berita yang ini