hamparan bunga nan indah di lembah Baliem, Wamena (istimewa)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kekayaan alam Indonesia, bisa di bilang lengkap banget. Mulai dari kekayaan alam bawah laut, hutan hujan dan hasil tanaman semua ada. Salah satu alam yang di sukai banyak orang yakni pegunungan atau perbukitan, karena biasanya terdapat lembah yang indah.

Melihat tempat yang indah bisa menjadi penyebuh stres akan kegiatan juga lho, melihat hijaunya tanaman hingga udaranya yang segar dan sejuk. Berikut lebah terindah di Indonesia:

1. Lembah Harau

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Muhammad Yusron Hadi (@myhadi_)

Lembah Harau lerletak di Kabupaten 50 Kota, Sumatera Barat. Lembah Harau akan membuat takjub dengan keindahan alam buat siapa saja yang melihatnya. Tebing-tebing tinggi seakan menjadi pagar menjaganya dan di tebing tersebut di lengkapi oleh air terjun.

2. Lembah Anai

Berbeda dengan lembah lainnya yang memiliki hamparan padang rumput. Lembah Anai hanya berupa air terjun setinggi 35 meter, letaknya pun berada di kawasan ramai yakni di tengah padatnya Trans Sumatera. Lembah Anai ini masuk dalam kawasan Taman Nasional Lembah Anai.

3. Lembah Baliem

 

View this post on Instagram

 

A post shared by DanĀ° (@flycatcher_papuan)

Perbukitan hijau dan asri bisa di temukan di Lembah Baliem. Lembah ini berada di Papua, tepatnya di pegunungan Jaya Wijaya dengan ketinggian 1.100 meter di atas permukaan laut. Terdapat suku lokal yang menjaga keasrian dan keaslian Lembah Baliem yaitu Suku Dani.

4. Lembah Ramma

 

View this post on Instagram

 

A post shared by #lembahramma_id (@lembahramma_id)

Butuh sedikit mendaki untuk sampai ke Lembah Ramma ini. Karena tempatnya berada di Gunung Karaeng, Kabupaten kua, Sulawesi Selatan. Selain menikmati alamnya sejuk dan asri, di Bukit ini bisa untuk berkemah. Perbukitan mungil dan sungai yang jernih akan membuat pengunjung akan merasa fresh.

5. Lembah Bada

 

View this post on Instagram

 

A post shared by To Bada (@lembah_bada)

Sering di samakan dengan Pulau Paskah, Lembah Bada memiliki puing dan patung megalitikum yang tersebar di berbagai titik. Tidak hanya alamnya saja yang indah, patung unik tersebut juga memiliki daya tarik utamanya. Lokasinya berada di Taman Nasional Lore Lindu, Sulawesi Tengah.

6. Lembah Kidang

Lenbah Kidang berada di jalur pendakian Gunung Arjuna, di perbatasan Kota Batu, Kabupaten Malang dan Kabupaten Pasuruan. Memang butuh usaha lebih untuk menuju kesini, tapi rasa lelah akan terbayar saat melihat pesonanya.

7. Lembah Sindoro

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Jejak Setapak (@jejak.setapak)

Wisata alam Lembah Sindoro, berada di Kabupaten Batu, Jawa Tengah. Jika berkunjung ke Lembah Sindoro mesti memakai pakaian yang tebal, karena suhu di Lebah ini mencapai 10 drajat celcius. Waktu berkunjung yang tepat ke Lembah Sindoro ini adalah saat matahari terbit.

8. Ngarai Sianok

 

View this post on Instagram

 

A post shared by NgaraiSianok (@ngaraisianok)

Ngarai Sianok berada di berbatasan di Bukit Tinggi, Sumatera. Ngarai Sianok membentang sepanjang 15 meter dan leber 200 meter. Lembah berwujud patahan, sedalam 100 meter dengan sawah-sawah dan sungai yang mengalir deras.

9. Lembah Pantunan

Meski tidak menghadirkan tebing dan bukit yang menjulang. Lembah Pantunan memberikan pemandangan unik tersendiri. Lokasinya di Bangai, Bali. Lembah ini menyuguhkan hamparan sawah yang asri.

10. Pangonan Dieng

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Revn_Aji (@revn_aji)

Pangonan Dieng terletak di Provinsi Jawa Tengah. Lembah Pangonan Dieng ini menyuguhkan pemandangan padang savana yang luas, jadi tidak perlu pergi ke Afrika jika ingin melihat padang savana namun juga bisa di temukan di Dieng. Tapi saat musim hujan akan menikmati hamparan gtersebut berubah menjadi rumput yang indah.

Itulah lembah yang paling mempesona, yang di miliki Indonesia.

Reporter: Novita Sari

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here