Deretan Kontroversi MAMA yang Bikin EXO Ogah Datang Meski Tetap Dinominasikan

Baca Juga

MATA INDONESIA, SEOUL – Ajang pernghargaan Mnet Asian Music Awards (MAMA) memang kerap menuai kontroversi, salah satunya perlakuan mereka kepada EXO. Ada beberapa hal yang membuat EXO-L, sebutan penggemar EXO, marah besar.

EXO belum pernah menghadiri MAMA sejak 2017 meski masih dinominasikan dalam kategori penghargaan mereka. Bahkan, klub penggemar EXO terkemuka telah memberi tahu EXO-L untuk tidak memberikan suara pada penghargaan Mnet sejak 2018 karena mereka tidak mendukungnya.

Ada apa sih sebenarnya? Padahal, kalau dilihat-lihat MAMA adalah ajang penghargaan yang paling banyak dinantikan penggemar ketika akhir tahun.

Jadi, hal ini karena adanya bukti-bukti yang diklaim bahwa EXO dicurangi selama 5 tahun berturut-turut. Untuk veteran EXO-L, ini telah menjadi pertarungan selama bertahun-tahun, tetapi EXO-L dan non-EXO-L yang lebih baru mungkin tidak tahu tentang perjuangan yang mereka hadapi dengan MAMA dan mengapa itu masih sangat relevan hingga saat ini.

Berikut perlakuan tak adil yang membuat EXO-L marah besar kepada pihak MAMA:

1. Menghapus “Love Me Right” (2015)

Semuanya tampaknya telah dimulai pada bulan Juni 2015. Video penampilan EXO tentang “Love Me Right” yang telah ditonton lebih dari 700.000 kali (hampir satu juta) dihapus Mnet dengan alasan untuk “memperbaiki kualitas”. Padahal, jumlah tersebut berpengaruh pada hasil voting.

Mereka dengan cepat mengunggahnya kembali tetapi tidak dapat melakukan apa pun untuk mendapatkan kembali penayangannya. Penggemar benar-benar kesal, belum lagi, pihak Mnet tidak melakukan hal yang sama untuk beberapa video grup lain.

2. Tahun Acara Penghargaan Paling Gelap untuk EXO (2017)

MAMA 2017 adalah menjadi kehadiran terakhir EXO dan menjadi upacara MAMA yang akan selalu tertulis dalam sejarah K-Pop. Pertama, sistem pemungutan suara tidak ada artinya.

Suara penonton biasanya mencapai 20-30% dari hasil akhir. Namun, meskipun beberapa artis melonjak dalam suara penonton, mereka disusul oleh artis yang tidak memiliki banyak suara sama sekali.

Alih-alih EXO atau BTS, Wanna One memenangkan “grup pria terbaik” sebagai rookie. PRISTIN memenangkan “artis wanita pendatang baru terbaik” mengalahkan Chungha. G-Dragon pun bukan “artis pria terbaik”, melainkan ZICO.

Meskipun beberapa penggemar tidak keberatan dengan pemenangnya, mereka yang bekerja keras untuk memberikan suara kecewa karena itu tidak berarti apa-apa. EXO dinominasikan dalam 19 kategori pilihan penggemar, memimpin dalam 7 kategori, namun hanya memenangkan 1 penghargaan.

Tidak jelas apakah acara selanjutnya ini adalah yang direncanakan oleh SM Entertainment dan MAMA, tetapi EXO tampil di depan grup rookie. Sebagian besar waktu, MAMA diatur agar grup pemula tampil terlebih dahulu, dan grup yang lebih tua terakhir.

Namun di tahun 2017, EXO yang berada di tahun ke-5 mereka saat itu tampil di depan Wanna One, yang baru debut selama 4 bulan. Beberapa penggemar menganggapnya tidak sopan.

Promosi saat itu sedang beredar, EXO-L benar-benar marah karena “membatalkan” EXO. Untuk menambah daftar, penggemar mereka dianiaya, didorong ke jeruji dan lightstick mereka diambil. Fans mengira ini adalah cara untuk memberi EXO “black ocean” selama penampilan mereka, di mana salah satu lagu mereka dipotong dan beberapa masalah suara.

EXO putus asa dan menangis di belakang layar menurut Song Joong Ki. Setelah menerima penghargaan album of the year, Baekhyun memberi tahu penggemar, “Baiklah, kami telah memenangkan hadiah, sekarang kamu bisa pulang dan istirahat. Kamu sudah bekerja keras, kita akan bertemu di tempat yang sama lagi tahun depan.”

Namun, EXO bersama dengan beberapa grup SM Entertainment, memutuskan untuk tidak lagi berpartisipasi dalam penghargaan dan Suho mengatakan kepada EXO-Ls: “Kamu tidak lagi harus memilih karena, bagi kami, EXO-L adalah Daesang.”

3. Dianggap tidak sopan (2019)

Banyak penggemar K-Pop yang menonton acara tersebut sangat terkejut dengan tindakan tidak sopan terhadap EXO, yang bahkan tidak hadir. Setelah reaksi keras, Mnet menghapus video tersebut dari media sosial mereka.

Belum lagi, video terkenal “Tears of Joy” yang dipromosikan MAMA. MAMA mengeluarkan montase video dari momen-momen selama bertahun-tahun dan menyebut air mata EXO dari tahun 2017 sebagai “Tears of Joy”. Fans sangat kesal karena mereka yakin mereka tahu alasan sebenarnya di balik air mata: rasa sakit.

Diketahui, EXO bukan satu-satunya grup yang diduga tidak dihormati Mnet, tetapi mungkin yang paling kontroversial. Setiap tahun, penggemar mengungkit peristiwa masa lalu ini sebagai upaya untuk menyadarkan tentang dugaan perlakuan MAMA terhadap idola dan semoga membuat perubahan.

Namun, acara terbaru itu juga menimbulkan kekhawatiran tentang ketidaksopanan dan perilaku buruk, termasuk kontroversi mulai dari ruang tunggu, keamanan COVID-19, hingga mengecualikan Jin BTS dari poster.

Kontroversi MAMA terus meningkat setiap tahun di antara penggemar saat mereka mendesak orang lain untuk terus memperjuangkan hak dan rasa hormat idola mereka.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini