Deretan Kontroversi G-Dragon BIG BANG, Pernah Keciduk Hisap Ganja di Klub Malam

Baca Juga

MATA INDONESIA, SEOUL – Nama G-Dragon memang dikenal sebagai salah satu idola K-Pop papan atas yang memiliki banyak prestasi di bidang musik. Tidak hanya sebagai idola, member BIG BANG ini juga dikenal sebagai produser, pencipta lagu, dan musisi handal.

Di balik popularitasnya yang mendunia, pria kelahiran 1988 ini pernah mengalami sejumlah skandal. Beberapa kali ia terlibat masalah miring, yang kerap membuat publik dan penggemarnya terkejut.

Berikut ini adalah beberapa skandal dan kontroversi yang dialami leader BIG BANG itu!

BACA JUGA: Nih Deretan Selebritas Dunia Mengenakan Sepatu G-Dragon, Termasuk Najwa Shihab

1. Plagiat

Selama berkarir di industri K-Pop, leader BIGBANG ini sudah dua kali dituding terlibat plagiarisme. Tuduhan plagiarisme pertama yang diterimanya terjadi pada tahun 2010. Lagu debut solonya yang berjudul “Heartbreaker” dinilai meniru lagu hit rapper Amerika berjudul “Right Round” karya Flo Rida.

Tak ingin masalah ini berlarut-larut, YG Entertainment pun akhirnya langsung menghubungi Flo Rida. Melalui pernyataan resminya, Flo Rida sendiri mengklarifikasi bahwa G-Dragon sama sekali tidak meniru lagu tersebut.

Keduanya bahkan berkolaborasi untuk membawakan versi remix “Heartbreaker”, yang kemudian dirilis di album konser G-Dragon, Shine A Light. Beberapa bulan kemudian, G-Dragon tampil sebagai bintang tamu di konser Flo Rida yang diadakan di Korea Selatan.

Pada 2017, dia kembali dituduh melakukan plagiarisme. Lagu solonya yang berjudul “Middle Fingers Up,” yang juga merupakan lagu pertama dari album Kwon Ji Yong, dianggap menjiplak lagu salah satu rapper Amerika, Kyle.

Menurut laporan media Korea Segye Ilbo, jika didengarkan dengan seksama, lagu tersebut sangat mirip dengan lagu “iSpy,” milik Kyle yang berkolaborasi dengan Lil Yachty. “ISpy” dirilis pada 2016.

Setelah kasus ini menjadi topik perbincangan hangat di kalangan publik, Kyle muncul dan menyukai komentar dari seorang penggemar. Komentar tersebut mengatakan bahwa G-Dragon tidak menjiplak karya Kyle. Fans pun beranggapan bahwa ini adalah akhir dari kontroversi.

BACA JUGA: Jaemin NCT Balas Ucapan Selamat Ultah dari Anak Pemulung Indonesia

2. Ganja

Pada tahun 2011, G-Dragon terbukti menghisap ganja di sebuah klub malam setelah menggelar konser di Jepang. Awalnya, hasil tes urine negatif, tetapi setelah idola itu melakukan tes rambut baru diketahui bahwa dia benar-benar mengonsumsi ganja.

Polisi Seoul menyatakan bahwa pria bernama asli Kwon Ji-yong itu telah tiga kali menghisap rokok yang mengandung ganja. Namun karena mengkonsumsi sedikit, ia bebas dari pemeriksaan.

G-Dragon membantah dengan mengatakan bahwa dia tidak mengetahui dengan jelas bahwa rokok yang dia pegang sebenarnya adalah ganja karena itu adalah pemberian dari seseorang. Saat itu, pria yang akrab disapa GD itu sedang dalam pengaruh alkohol.

“Saat itu, saya banyak minum dan manajer saya melakukan hal lain, jadi saya sendirian. Saya pergi ke kamar mandi dan seseorang menawari saya sebatang rokok. Saya pikir tidak sopan jika saya menolak, jadi saya menerima rokok tanpa pikir panjang,” kata GD saat diwawancarai di ‘Healing Camp’ di saluran televisi SBS.

“Saya berada di bawah pengaruh alkohol dan saya merasa rokok sangat kuat. Sebelumnya saya tidak pernah menciumnya (ganja), jadi saya tidak bisa membedakan. Seperti rokok yang biasa saya hisap,” lanjutnya.

BACA JUGA: Heboh! Mantan Idol Ini Hamil Gegara Tidur dengan Banyak ‘Sponsor’

3. Penampilan Tidak Pantas di Konser “Shine a Light”

Dalam konser solonya bertajuk “Shine A Light” yang digelar pada tahun 2010 lalu, G-Dragon tampil seolah sedang menjalin hubungan mesra dengan seorang penari wanita bernama Aimee.

Aimee mengklaim tidak ada yang salah dengan adegan yang dia lakukan dengan G-Dragon saat tampil, hanya foto yang beredar di internet terlihat terlalu vulgar. Ia pun membantah adanya adegan dry-humping yang mereka lakukan.

Saat itu, publik mengkritik G-Dragon karena menampilkan adegan yang tidak pantas untuk penonton konser. Pasalnya, saat itu banyak penonton konser di bawah umur yang berhasil lolos dari pemeriksaan.

Setelah masalah ini semakin memanas, YG Entertainment akhirnya merilis pernyataan dan permintaan maaf mereka. YG Entertainment mengatakan bahwa adegan tersebut ditampilkan pada hari kedua konser yang diberi label sebagai konser spesial untuk orang dewasa.

BACA JUGA: Ganteng Kayak Oppa Korea, Ini 5 Alasan Jasper Liu Wajib Masuk Dalam Bias List Kamu

4. Rasisme

G-Dragon kembali menjadi kontroversi karena penampilannya yang nyentrik. Melalui akun Instagram miliknya, ia mengunggah foto dirinya dengan wajah hitam legam. Gara-gara foto tersebut, ia kemudian dituding membawa pesan rasial tentang orang kulit hitam.

Hal ini diperparah oleh dua media di Amerika, Majalah SPIN dan LA Times yang menyatakan bahwa tindakan GD melibatkan hal yang lebih dalam yaitu politik.

Kedua media menyebutkan bahwa foto G-Dragon mirip dengan tren artis Amerika, yang memberi penghormatan kepada remaja Afrika-Amerika, Trayvon Martin, yang mengenakan hoodie. Sayangnya, G-Dragon dianggap menghina Trayvon, karena wajahnya memakai cat hitam

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pemerintah Bangun IKN Dengan Tetap Memberdayakan Masyarakat Lokal

Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur bukan hanya tentang memindahkan pusat pemerintahan, tapi juga tentang membangun masa...
- Advertisement -

Baca berita yang ini