Daun Pandan Ampuh Atasi Asam Urat, Ini Faktanya

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Dunia kuliner pasti tidak asing lagi dengan daun pandan. Tanaman yang populer digunakan untuk beragam keperluan seperti memberikan aroma khas untuk sajian makanan, ternyata bermanfaat juga untuk kesehatan.  

Salah satu khasiatnya adalah membantu mengatasi dan mengurangi gejala penyakit asam urat. Sendi jadi sasaran utama penyakit asam urat. Secara alami, tubuh memproduksi asam urat sebagai hasil akhir metabolisme dan dikeluarkan melalui urin. Namun, masalah timbul saat produksi tidak normal.

Selain faktor genetik, produksi asam urat berlebih juga diakibatkan oleh konsumsi makanan tinggi purin seperti bayam, kembang kol, kacang polong, buncis, dan jamur.

Akibatnya, sendi akan terasa nyeri, bengkak, muncul kemerahan, dan rasa panas. Umumnya, gejala hanya terjadi dalam beberapa jam. Dalam tingkat yang lebih parah, gejala asam urat bisa hadir selama berminggu-minggu.

Saat gejala muncul, pergerakan tubuh jadi terbatas hingga penting untuk mencari sesuatu yang bisa meredakan rasa sakit. Daun pandan disebut mampu mengatasi rasa sakit akibat asam urat.

Mengutip Stethnews, daun pandan mengandung minyak esensial dan tanin yang bisa membantu meredakan inflamasi. Ada dua cara pemanfaatan daun pandan untuk penyakit asam urat. Pertama, minum air rebusan daun pandan. Kedua, daun pandan sebagai obat topikal atau dioleskan.

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini