Ketika Game di Ponsel Mengancam Eksistensi PS dan XBox
Ilustrasi main game di ponsel (istimewa)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pandemi Covid-19, memaksa masyarakat untuk menghabiskan waktu dirumah. Karena itu, banyak orang yang mengisi waktu luang dengan menonton dan bermain game online.

Namun sayangnya, jika terlalu banyak menonton dan bermain game online dapat mengakibatkan gangguan kesehatan mata akibat terpapar sinar biru terlalu lama. Nah, untuk itu mari kita bahas resiko terkena gangguan kesehatan mata yang di lansir dari Klikdokter :

1. Mata Kering dan Lelah

Terlalu lama menatap layar smartphone maupun layar laptop dapat mengakibatkan mata terasa kering, nyeri, berair, perih, panas, dan gatal, bahkan bisa membuat mata menjadi lebih sensitif terhadap cahaya. Selain itu, juga dapat menyebabkan mata terasa berat, mata menjadi bengkak, mengantuk, pusing, pegal di leher, serta nyeri di bahu.

2. Pembuluh Darah Mata Pecah

Menurut Dr. Theresia Rina Yunita, jika menatap layar laptop maupun smartphone membuat otot bola mata tegang dan mengakibatkan pembuluh darah mata pecah. Akibatnya, mata akan terlihat lebih merah dari biasanya. Namun, sebenarnya pembuluh darah yang pecah tidak berbahaya untuk kelangsungan fungsi mata.

3. Mata Minus

Dampak jangka panjang akibar terlalu banyak menatap layar, baik untuk menonton film, bermain game, ataupun bekerja dapat membuat mata minus. Sebenarnya, mata minus dapat diatasi dengan menggunaka kacamata minus maupun lensa kontak.

4. Kebutaan

Paparan sinar biru secara terus menerus dalam waktu berkepanjangan dapat berpotensi menyebabkan kebutaan. Hal ini dibuktikan dari studi yang dilakukan, yang menunjukkan efek buruk dari sinar biru terhadap retina mata. Sel-sel dalam retina diperkirakan rusak akibat dari sinar biru. Akibatnya, menurunnya fungsi makula yang terletak di bagian belakang retina.

Selain itu, dampak lain dari terlalu sering bermain game online dapat memicu resiko kelainan mata astigmatisme. Dilansir dari Halodoc, astigmatisme merupakan salah satu kelainan pada mata yang terjadi karena ketidak sempurnaan lengkungan pada kornea mata. Meskipun sebenarnya, belum ada penelitian yang menyatakan bahwa kelainan mata silinder bisa disebabkan karena terlalu lama bermain game.

Namun, jika bermain game terlalu lama dapat mengakibatkan rabun jauh (miopi) dan rabun dekat (hiperopia). Hal ini, disebabkan mata akan sangat sering berganti focus saat bermain game, sehingga mata menjadi muda lelah. Selain itu, juga mengakibatkan mata menjadi sulit fokus ketika akan memandang ke arah atau ke sutau objek.

Oleh karena itu, batasilah bermain game online maupun menonton. Jangan lupa untuk selalu istirahatkan mata dan berikan asupan vitamin untuk mata agar tetap sehat.

Reporter: Marlita Nursanti

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here