Daftar Hero Moba yang Merupakan Pahlawan di Dunia Nyata

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Ternyata ada beberapa karakter hero di game Mobile Legends yang terinspirasi dari tokoh pahlawan sejumlah negara. Bahkan ada yang bergelar pahlawan nasional. Berikut daftarnya :

1. Lapu Lapu
Lapu Lapu adalah Hero Fighter yang sebenarnya kuat, tapi terlupakan karena kalah bersaing dengan Fighter lain. Menggunakan senjata pedang kembarnya, Lapu Lapu mampu menjadi Hero yang membuka pertarungan tanpa harus takut mati dengan cepat.

Daftar Hero Moba yang Diambil dari Dunia Nyata

Pada awalnya, mungkin kalian menyangka bahwa Lapu Lapu itu sepaket dengan Gatotkaca sebagai Hero asli Indonesia. Nyatanya, Lapu Lapu adalah sosok pahlawan asli yang sangat dihormati oleh rakyat Filipina. Lapu-Lapu alias Cali Pulaco adalah pejuang yang menjadi kepala suku bangsa Mactan di Visayas. Dia dikenal karena kegigihannya melawan penjajahan bangsa Spanyol di abad ke-16.

Daftar Hero Moba yang Diambil dari Dunia Nyata
Patung Lapu Lapu (istimewa)

Rakyat Filipina mengingat kisah kepahlawanannya saat dia menghadapi invasi pasukan Spanyol di bawah kepimpinanan Ferdinand Magellan. Hanya berbekal tombak dan parang, Lapu Lapu mampu mengalahkan pasukan Spanyol dan membunuh Magellan beserta anak buah kepercayaannya. Peristiwa yang terjadi pada 27 April 1521 itu lalu terkenal sebagai Pertempuran Mactan.

Sebagai penghormatan atas perjuangannya, rakyat Filipina mendirikan patung Lapu-Lapu dan mengganti nama Kota Opon di wilayah Cebu menjadi Kota Lapu-Lapu. Dia pun juga diangkat sebagai pahlawan nasional Filipina yang pertama.

2. Zilong

Zilong terinspirasi dari karakter Zhao Yun yang kebetulan juga terinspirasi dari sosok pahlawan bangsa Tiongkok di masa lampau. Zhao Yun alias Zhao Zilong merupakan jenderal militer terkenal yang hidup di era Tiga Kerajaan. Dia adalah kesatria yang mengabdi pada Liu Bei dari Kerajaan Shu.

Sayang, di Mobile Legends, Zilong menjadi salah satu Hero yang cukup terlupakan. Pasalnya, kemampuannya dianggap terlalu usang dan lebih cocok digunakan oleh pemain pemula. Untungnya, sang Hero bakal mendapat revamp dalam waktu dekat, tepatnya pada update “Project Next” yang bakal rilis September 2020.

Daftar Hero Moba yang Diambil dari Dunia Nyata

Kisah kepahlawanannya merebak setelah dia berhasil menyelamatkan anak Liu Bei yang masih bayi dengan berkuda lalu seorang diri mengalahkan pasukan Cao Cao yang mengepungnya. Zhao Yun wafat di Hanzhong pada 229 Masehi dengan damai. Kematiannya pun ditangisi banyak pasukan dan rakyat Shu.

Daftar Hero Moba yang Diambil dari Dunia Nyata
Patung Zhao Yung (istimewa)

Karena jasanya, Zhao Yun dinobatkan sebagai Jenderal Yijun dan diberi gelar “Jenderal yang Menaklukkan Selatan” serta “Jenderal yang Memelihara Perdamaian di Timur”.

3. Badang

Daftar Hero Moba yang Diambil dari Dunia Nyata

Badang merupakan hero yang diadaptasi dari nama pahlawan Malaysia di abad ke-13. Konon, ia dikenal sakti mandraguna karena mendapat kekuatan dari setan.

Daftar Hero Moba yang Diambil dari Dunia Nyata
Makam Badang di Pulau Buru (istimewa)

Badang sebenarnya adalah pahlawan multikultur, sebab ia pernah tinggal di Aceh bahkan Singapura. Di akhir hayat, ia dikuburkan di Pulau Buru, Indonesia.

4. Yi Sun Shin

Yi Sun Shin (YSS) adalah Hero yang punya kemampuan unik yang membuatnya bisa mengendarai kapal. Dia pun punya Ulti serangan hujan panah api yang dia tembakkan dari kapal kura-kuranya.

Daftar Hero Moba yang Diambil dari Dunia Nyata

Di dunia nyata, YSS alias Yi Sun-sin adalah pahlawan nasional Korea Selatan. Dia dikenal karena perjuangannya melawan dan menumpas serbuan pasukan Jepang yang menginvasi Korea dalam Perang Tujuh Tahun di era Dinasti Joseon. Selain itu, Yi Sun-sin dikenal dengan warisan di bidang militer, yaitu Gobukseon, kapal perang berlapis besi pertama di dunia yang berbentuk kura-kura.

Sebagai salah satu pahlawan nasional yang paling dikenal di Korea Selatan, kisah kepahlawanannya cukup terekam dengan baik. Dia mampu menghadang dua kali invasi Jepang. Sayangnya, pada pertempuran tersebut, Yi Sun-sin tertembus peluru saat meneriakkan perintah untuk menyerbu.

Daftar Hero Moba yang Diambil dari Dunia Nyata Patung Yi Sun Shin (istimewa)[/caption]

Tak mau mental pasukannya jatuh, dia memerintahkan anaknya untuk menutupi tubuhnya dengan perisai agar kematiannya enggak terlihat. Pada akhirnya, pasukan Jepang mundur dengan 450 armada kapal yang hancur. Peristiwa ini pun menjadi akhir dari Perang Tujuh Tahun.

Atas jasanya, ia diberi gelar “Chung Mu Gong” yang artinya “Pahlawan Kesetiaan dan Pengabdian”. Prestasinya mengalahkan pasukan Jepang juga diakui oleh Angkatan Laut Kerajaan Inggris.

5. Minsitthar

Di Mobile Legends, Minsitthar merupakan Hero Fighter dengan kemampuan yang cukup unik. Selain punya skill 1 yang bisa menarik musuh seperti Franco, Minsitthar juga punya skill Ulti yang menjebak musuh di dalam zona sehingga tidak bisa kabur.

Daftar Hero Moba yang Diambil dari Dunia Nyata

Di dunia nyata, Minsitthar atau Kyansittha adalah seorang raja dari Dinasti Pagan, Burma (Myanmar) yang berkuasa sejak tahun 1084 hingga 1112. Sebelum menjadi raja, Kyansittha merupakan seorang jenderal yang populer karena sukses memimpin invasi militer besar Kekaisaran Pagan.

Keagungannya sempat ternoda oleh kasus perselingkuhan dengan Ratu Manisanda yang membuat Kyansittha diasingkan dua kali pada 1070-an dan 1080-an. Namun, dia berhasil memulihkan nama besarnya setelah mengatasi pemberontakan Suku Mon. Dia pun naik takhta setelah Raja Saw Lu yang saat itu menjadi pemimpin Dinasti Pagan tewas pada pemberontakan.

Daftar Hero Moba yang Diambil dari Dunia Nyata
Patung Minsitthar (istimewa)

Saat menjadi raja, Kyansittha dikenal sebagai pemimpin yang bijak. Selama 28 tahun kepemimpinannya, Kyansittha berhasil menjaga perdamaian Kekaisaran Pagan serta membuat rakyatnya sejahtera dari sisi ekonomi maupun budaya. Di eranya, Kyansittha juga dikenal sebagai sosok persatuan karena berhasil membuat pakta perdamaian dengan Suku Mon yang dulu memberontak.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini