Ilustrasi hobi (pixabay)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Di masa pandemi, mencari penghasilan tambahan untuk tabungan merupakan hal yang penting. Banyak orang mulai membuka usaha akibat terdampak getirnya wabah virus corona.

Untuk itu, di masa seperti ini, kreativitas dan ide cemerlang merupakan hal yang dibutuhkan. Namun, kadang seseorang tak menyadari bahwa ide-ide atau hobi yang mereka miliki bisa jadi peluang bisnis yang menggiurkan.

Jika kamu merasa memiliki kemampuan dan ingin menjadikannya sebagai peluang usaha, yuk simak cara ini agar kegiatan iseng kamu bisa menghasilkan.

1. Menjual Hasil Kreasi

Hal pertama yang dilakukan ialah menjual hasil kreasi yang kamu buat. Misalnya, kamu hobi merajut atau membuat stiker-stiker lucu. Kamu bisa pasarkan kerasi kamu secara online maupun offline.

Jika kamu sudah memiliki pelanggan, biasanya mereka akan meminta kamu untuk membuat kreasi yang lainnya. Dengan begitu, hobi yang kamu tekuni bisa menghasilkan.

2. Buka Jasa

Jika hobi yang biasa kamu lakukan tak menghasilkan suatu produk, kamu bisa menjual jasa kamu untuk orang lain. Jika kamu hobi berenang, main piano dan sebagainya, kamu bisa membuka peluang untuk mengajarkan keahlian itu kepada orang lain.

3. Publikasikan Hobi Kamu

Jika kamu masih ragu harus menjual atau memasang tarif untuk hobimu, kamu bisa memulai dengan mempublikasinya terlebih dahulu. Contohnya, kamu hobi memasak atau melukis. Nah, kamu bisa memamerkan hasil masakan atau lukisan kamu di sosial media.

Dengan begitu, teman-teman online bisa melihat bakat yang kamu miliki. Siapa tahu mereka jadi tertarik untuk memesan hasil kreasi dari hobimu ini.

4. Perluas Wawasan

Jika kamu yakin untuk menjadikan hobi sebagai peluang usaha, cobalah untuk perluas wawasan. Misalnya, kamu memiliki hobi menulis dan ingin menjadikan karyamu jadi menghasilkan. Maka, kamu perlu memperluas wawasan tulisan kamu agar pembaca lebih menikmatinya.

5. Lebih Serius

Langkah terakhir yang perlu kamu lakukan ialah serius menekuni hobi dan keterampilan yang kamu miliki. Sering kali, karena berawal dari iseng, seseorang malas memperdalam dan menekuni kemampuannya.

Jika kamu ingin menjadikan hobi sebagai peluang bisnis, maka seriuslah untuk menekuninya. Dengan begitu, kamu jadi bisa lebih profesional dan karya kamu jadi lebih berharga.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here